PADANG -- Selaku anak, sudah sepatutnya mengunjungi dan sowan kepada orangtua. Tradisi sarat nilai-nilai luhur yang patut dipertahankan oleh generasi muda pada saat ini hingga generasi muda lintas generasi ke depannya. 

Memperingati 40 tahun lahir dan eksisnya Pemuda Panca Marga (PPM) di tanah air, jajaran Pimpinan Daerah PPM Sumatera Barat (PD PPM Sumbar) di bawah kepemimpinan Wahyu Iramana Putra kommit pada pelestarian tradisi sarat nilai-nilai luhur tadi. 

Sabtu (23/1/2021) kemarin, dalam rangkaian peringatan HUT ke-40 PPM, pengurus dan anggota DPD PPM Sumbar beranjangsana ke rumah para veteran dan janda-janda pejuang guna unjuk kepedulian seraya berbagi keceriaan. Ada tujuh titik rumah veteran, pejuang dan janda-janda pejuang yang dikunjungi.

"Para veteran dan pejuang adalah orang tua kami anak-anak PPM. Sebagai anak pejuang, maka kamilah yang akan meneruskan cita-cita perjuangan para orangtua kami tersebut,” ungkap Wahyu Iramana Putra di sela kunjungan ke rumah salah seorang pejuang, Johari Kahar.

Ia menekankan, budaya sowan dan mendatangi orang tua tersebut akan terus dilakukan dan dibudayakan oleh jajarannya pada tahun-tahun mendatang. 

Lebih lanjut, Ketua PD PPM Sumbar ini mengulang sebuah ungkapan "bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa pahlawan". Oleh sebab itu sebagai bangsa Indonesia dan sebagai generasi penerus bangsa, generasi saat ini dan pada masa-masa mendatang harus senantiasa mengingat pengorbanan para pendahulunya. Bahkan harus menghormati dan belajar dari para tokoh-tokoh bangsa di masa lalu.Tujuannya tak lain adalah untuk membangun generasi muda bangsa yang lebih baik.

Menurut Wahyu, sebagai anak pejuang, mereka akan terus memperjuangan keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Kami akan tegak lurus dengan pemerintahan yang sah dimana NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 adalah harga mati,” kata Wahyu didampingi Ketua Panitia Peringatan HUT PPM ke-40 Mahdianur Musa dan pengurus PPM Sumbar lainnya.

Selain anjangsana ke rumah veteran dan pejuang, rangkaian kegiatan HUT ke-40 itu juga diisi dengan aksi sosial donor darah pada Kamis (21/1/2021). 

Usai anjangsana, puncak peringatan HUT ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun di Markas Daerah Pemuda Panca Marga Sumbar (Mada PPM Sumbar), Gedung LVRI Sumbar, jalan Veteran No. 2 A, Padang.

(bbg/oel)

 
Top