GUNA memberikan pemahaman tentang perlunya integrasi data dari tiap unit, bagian dan prodi, serta mempermudah input, akses, maupun pembuatan laporan yang berbasis anggaran data, Politeknik Negeri Padang (PNP) menyelenggarakan sosialisasi Siakre (Sistem Akreditasi), Kamis (21/1/2021).

Sukatik, Ketua Satuan Penjaminan Mutu Politeknik Negeri Padang (SPM-PNP) menambahkan, sosialisasi tersebut juga dimaksudkan untuk memotivasi kepatuhan pengumpulan data dalam setiap kegiatan.

Menurutnya, data ini sangat penting untuk keperluan pengusulan akreditasi, baik akreditasi institusi (APT) maupun akreditasi prodi (APS). Mengingat hal tersebut, kegiatan pengumpulan data ini legalisasinya diperkuat melalui kebijakan Wakil Direktur 1.

Dalam sosialisasi tersebut, Wakil Direktur 1 PNP, Revalin Herdianto menjanjikan akan memberikan reward yang istimewa bagi unit, bagian, dan prodi yang memiliki data terlengkap dan gampang terakses. Tidak dijelaskan, apakah reward tersebut berupa uang tunai atau berupa fasilitas pendukung operasional bagian terkait.

Sosialisasi yang berlanjut pada tahap 2, Senin (25/1/2021) ini melibatkan unit-unit antara lain Bagian Keuangan, P3M, UPT Kerjasama, Kemahasiswaan, PSI, dan UPT Komputer beserta dengan admin masing-masing. Data yang telah diinput oleh admin unit-unit ini dikelola oleh unit PSI dan selanjutnya diterjemahkan dan dianalisis oleh SPM guna keperluan akreditasi dan reakreditasi prodi maupun institusi.

"Program Siakre ini berfungsi jika semua unit saling bersinergi dan kinerja organisasi tergantung pada kecukupan data," imbuh Sukatik.

#advertorial

 
Top