PADANG - Berbagai inovasi terus dikembangkan Pemerintah Kota Padang dalam meningkatkan layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat. Beberapa inovasi layanan telah dikembangkan sebagai wujud dari komitmen tersebut diantaranya, optimalisasi pelayanan administrasi adminduk berbasis online, penggunaan tanda tangan elektronik dan penggunaan kertas putih dalam mencetak Dokumen Kependudukan. 

Rabu, (3/2/2021), Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang kembali meluncurkan inovasi baru yakni, Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). 

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, ADM merupakan sebuah alat atau mesin yang berbentuk seperti mesin ATM. Mesin ADM mampu mencetak 24 jenis dokumen kependudukan, seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Akta Kelahiran hingga Kartu Keluarga (KK) dalam hitungan menit.    

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, saya mengapresiasi komitmen dari Disdukcapil Kota Padang dalam meningkatkan pelayanan kepada warga Kota Padang. Saya telah mencoba langsung penggunaan mesin ADM ini, dan hasil langsung keluar hanya dalam 2 menit," ujar Hendri dalam peresmian mesin ADM tersebut, di Kantor Disdukcapil Kota Padang, jalan Jendral Sudirman.

Wawako Hendri mengatakan, mesin ADM ini dapat menjadi model yang sangat bagus untuk membangun layanan publik yang berkualitas dengan mendayagunakan kemajuan terknologi informasi secara optimal. Dengan adanya sebuah terobosan dan inovasi seperti ini maka akan dapat mempermudah masyarakat.

"Keberadaan mesin ADM ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat layanan penerbitan dokumen kependudukan bagi masyarakat Kota Padang. Untuk itu saya mendorong setiap OPD yang bertugas memberikan layanan publik bagi masyarakat harus selalu memikirkan inovasi-inovasi yang tepat sasaran dan mempermudah masyarakat," imbuh Wawako Padang mengakhiri. 

Sementara itu, Plt. Kepala Disdukcapil Kota Padang Edi Hasymi mengatakan, mesin ADM untuk sementara akan ditempatkan di kantor Disdukcapil Kota Padang. Bagi masyarakat yang ingin menggunakan mesin ADM ini cukup datang ke kantor Disdukcapil Kota Padang. Nanti petugas akan menunjukan cara penggunaan dari mesin ADM ini.

"Ke depan diharapkan mesin-mesin sejenis dapat diperbanyak pengadaannya di ruang-ruang publik," ujar Edi yang juga Asisten Pemerintah dan Kesra Setdako Padang itu.

Peresmian mesin ADM tersebut turut dihadiri oleh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Padang, Anggota DPRD Kota Padang, Camat se-Kota Padang dan tamu undangan.

#prokopim.pdg



 
Top