JAKARTA - Hari ini, Senin (1/7/2021), merupakan puncak peringatan Hari Bhayangkara ke 75 Tahun. Dalam momen ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menaikkan pangkat 7 perwira tinggi (pati) Polri.

Dari tujuh pati Polri tersebut, tiga orang di antaranya naik menjadi jenderal bintang dua atau dari Brigjen ke Irjen. Kemudian empat orang lainnya naik menjadi jenderal bintang satu atau dari Kombes ke Brigjen.

Tiga perwira tinggi yang mengemban jenderal bintang dua (Irjen) adalah Irjen Pol Guntur Setyanto menjabat sebagai Kapolda Bengkulu, Irjen Mulyatno menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama I Sespim Lemdiklat Polri, dan Irjen Victor Gustaaf Manoppo selaku pati Baharkam Polri dalam penugasan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sementara itu, empat perwira tinggi lainnya naik pangkat menjadi Brigjen atau jenderal bintang satu adalah Brigjen Syamsul Bahri sebagai Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri, Brigjen Benone Jesaja Louhenapessy menjabat sebagai pati Baintelkam Polri dalam penugasan pada Badan Intelijen Negara (BIN).

Kemudian, Brigjen Hadi Purnomo sebagai pati Polda Aceh penugasan pada BIN dan Brigjen Anom Wibowo menjabat sebagai pati Bareskrim Polri penugasan pada Kemenkumham.

'Upacara Korps Raport' untuk kenaikan pangkat itu digelar pada Rabu (30/6/2021) malam atau sehari sebelum peringatan HUT Bhayangkara 1 Juli di gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan.

"Ya ada kegiatan Korps Raport tujuh perwira tinggi," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/7/2021).

Pelaksanaan Upacara Korps Raport ini tertuang dalam surat telegram nomor STR/544/VI/KEP./2021 tanggal 29 Juni 2021, yang ditandatangani oleh Asisten SDM Irjen Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Upacara Korps Raport diselenggarakan dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat. Para peserta dilakukan tes swab COVID-19," kata Argo.

#dtc/bin




 
Top