JAKARTA - Program Kartu Pra Kerja mendapat sorotan tajam. Aneka pelatihan berbayar yang ditawarkan dianggap unik bahkan (maaf) bikin ngakak! Materi pelatihan yang ditawarkan disebut mirip konten gratisan yang beredar di YouTube.

Pelatihan sendiri tersedia di delapan platform yang menjadi mitra Kartu Pra Kerja seperti Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, MauBelajarApa, Ruangguru dan Sekolahmu.

Beberapa di antaranya menawarkan pelatihan menjadi customer service, cara menulis email, laporan, hingga berbicara di depan umum atau public speaking tanpa gemetar alias gugup.

Berikut beberapa pelatihan berbayar yang ditawarkan dan bisa diikuti oleh peserta Kartu Pra Kerja:

1. Paket Dasar Usaha Perikanan (Rp 799.000)

Mina Indonesia by Tokopedia menyediakan pelatihan untuk membuka usaha di bidang perikanan. Di sini peserta diajarkan jenis-jenis usaha yang dapat dibuat di bidang perikanan, bagaimana pemasaran dalam usaha perikanan, hingga bagaimana mencari distributor yang tepat. Pelatihan dikemas secara online melalui webinar dengan durasi 120 menit.

2. Mendapat Pekerjaan Tetap Menjadi Customer Service (Rp 700.000)

Skill Academy by Tokopedia menyediakan paket cara menjadi customer service dengan pelayanan terbaik. Paket ini terdiri dari tujuh kelas dengan total durasi 9 jam 50 menit.

3. Membangun Portofolio dan Pencitraan Diri untuk Melamar Kerja (Rp 220.000)

Skill Academy by Ruangguru menyediakan pelatihan untuk mampu melakukan promosi diri di portofolio untuk melamar kerja. Pelatihan ini berdurasi 1 jam 53 menit.

4. Cara Menulis Email, Chat, hingga Laporan (Rp 150.000)

Skill Academy by Ruangguru juga menyediakan pelatihan bagaimana cara menulis email dan surat bisnis, membuat proposal, hingga cara membuat laporan usaha dan konten presentasi bisnis yang baik. Pelatihan ini berdurasi 39 menit 22 detik.

5. Teknik Menulis Naskah Berita Seperti Jurnalis Andal (Rp 220.000)

Masih di Skill Academy by Ruangguru, menyediakan pelatihan untuk menjadi seorang jurnalis pemula. Kelas ini mengajarkan proses produksi berita, teknik wawancara narasumber, cara menulis naskah berita, hingga belajar kode etik jurnalistik yang dikemas secara online dengan durasi 1 jam 58 menit.

6. Cara Berbicara Depan Umum dengan Teknik NLP (Rp 259.000)

Pelatihan ini mengajarkan cara menaklukkan rasa takut dan tidak percaya diri saat berbicara depan umum hingga cara menyusun materi public speaking. Dengan begitu, perasaan seperti takut, gugup, gemetar akan hilang melalui pelatihan dengan durasi 2 jam 47 menit ini di Skill Academy by Ruangguru.

7. Langkah Menjadi YouTuber Profesional bersama Gita Savitri (Rp 90.000)

Anda bercita-cita jadi YouTuber? cocok nih. Di pelatihan ini diajarkan untuk membuat video yang berkualitas, hingga bagaimana membuat viewers terikat dengan konten yang dibuat. Pelatihan ini tersedia di Skill Academy by Ruangguru berdurasi 30 menit 30 detik.

8. Menghasilkan Uang Jadi Fotografer Pakai HP (Rp 600.000)

Dalam pelatihan ini, peserta akan diajarkan cara menghasilkan foto yang bagus namun bisa menghasilkan uang dari hasil fotonya tersebut dengan durasi 4 jam lamanya.

9. Cara Menulis CV yang dilirik HRD (Rp 150.000)

Peserta akan diajarkan cara menulis CV yang menarik bagi HRD. Pelatihan akan berlangsung selama 1 jam lamanya.

10. Belajar Microsoft Excel untuk UMKM (Rp 550.000)

Pelatihan ini membantu wirausahawan memaksimalkan bisnisnya melalui program Microsoft Excel. Peserta akan diajarkan pemahaman dasar penggunaan Excel, sampai kepada studi kasus penggunaan Excel dalam bisnis.

Sumber: detik
Editing: Aroel
 
Top