KEPEMIMPINAN Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM semenjak mengemban amanah selaku Ketua Dewan Pengurus Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang benar-benar "boneh". Demikian jika "urang awak" atau orang Minangkabau mengistilahkan sesuatu yang patut dipuji. 

Seperti diketahui, sosok yang sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat Pauh IX dan Padang pada umumnya ini resmi mengomandoi DPD LPM Kota Padang periode 5 tahun ke depan (2019 - 2024) setelah terpilih secara aklamasi. 

Patut disyukuri bahwa semenjak kepemimpinan pemilik heuler dan tempat pemancingan umum di Padang Fishing Club (PFC) di kawasan Kuranji ini, denyut pergerakan DPD LPM Kota Padang mulai terasa lewat serangkaian aksi nyata dalam wujud respons cepat terhadap kesulitan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini.  

Lewat kapasitas yang ia miliki -- baik selaku Ketua DPD LPM Kota Padang maupun selaku pemilik heuler, owner PFC atau selaku ninik mamak salingka Kuranji - Pauh X --, Irwan Basir dengan gerak cepat tanggapnya secara maraton memberikan bantuan berupa sembako dan beras untuk warga kurang mampu terdampak Covid-19 di sejumlah titik di Kota Padang, berpedoman pada hasil survey, pemetaan dan serapan aspirasi dari masyarakat yang berhasil dihimpun oleh pihaknya. Sebuah spontanitas yang tepat dan bermanfaat, jauh dari unsur pencitraan.

Segenap pengurus DPD LPM Kota Padang juga merasa sangat bangga dengan kepemimpinan sosok kritis dan low profile yang oleh sebagian kalangan akrab dengan julukan "Datuk IB" tersebut. Sebab, pada masa pandemi ini, bukan semata masyarakat, namun seluruh pengurus DPD LPM Kota Padang terdampak Covid-19 juga ia bantu.

"Kami selaku pengurus DPD LPM Kota Padang merasa sangat bangga dengan kepemimpinan Irwan Basir. Semenjak dikomandoi beliau, keberadaan organisasi ini mulai dirasakan masyarakat luas," ungkap Dedi Prima, staf Bidang Humas DPD LPM Kota Padang, kepada www.sumatrazone, Minggu (10/5/2020) sore.

Santuni 220 Anak Yatim Luar Panti
Lebih lanjut Dedi menginformasikan bahwa Insha Allah pada Jumat (15/5/2020) mendatang, jajaran pengurus DPD LPM Kota Padang yang diketuai Irwan Basir akan menyantuni 220 anak yatim luar panti di Kota Padang. "Pendataannya saat ini sudah dirampungkan oleh koordinator LPM tingkat kecamatan," ungkap Dedi.

Lebih lanjut diakuinya, dalam moment ini  Irwan Basir memang tak bisa membantu semua. Namun setidaknya, selaku tokoh masyarakat ia sudah berbuat dan berusaha meringankan beban pemerintah kota. 

"Semoga beliau selalu diberi kesehatan dan kemudahan oleh Allah Swt dalam menjalankan organisasi DPD LPM Kota Padang," harap Dedi, pemuda enerjik yang juga berkecimpung di kegiatan jurnalistik.

#Tulisan ini didedikasikan jajaran redaksi sumatrazone.co.id untuk sosok Irwan Basir Datuk Rajo Alam, sebagai bentuk apresiasi atas sikap kepemimpinan dan kedermawanan selaku tokoh masyarakat
 
Top