JAKARTA -- Di tengah pandemi wabah Virus Corona atau Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan Dharma Pertiwi menggelar “Bantuan Kemanusiaan” berupa makanan siap saji untuk warga kurang mampu, mulai tanggal 7 s.d 20 Mei 2020 di wilayah DKI Jakarta.

Dapur lapangan “Bantuan Kemanusiaan” OASE KIM dan Dharma Pertiwi dipusatkan di Markas Batalyon Komando 461 Wing 1 Paskhas, Halim Perdanakusuma, Jaktim, dengan melibatkan personel dari Mako Wing Paskhas, Yon Komando 461 dan 467 Paskhas, Den Hanud 471 serta Den Matra 1 Paskhas.

Menurut Komandan Wing 1 Paskhas Kolonel Pas Ahmad Sonawar Solikul Qodri, Sabtu (9/5/2020), dapur lapangan Wing 1 Paskas memiliki personel terlatih untuk memasak dalam jumlah besar dan memiliki peralatan yang teruji secara nasional maupun lokal. 

“Kami hanya melaksanakan, memproses dan menerima bahan untuk melaksanakan kegiatan memasak sampai dengan distribusi ke masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Sementara itu, pendistribusian dua ribu lebih makanan siap saji (Takjil dan Nasi Kotak) di wilayah Pademangan-Jakarta Utara dan Sawah Besar-Jakarta Pusat dilaksanakan oleh Prajurit TNI dalam hal ini Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU. Distribusi dilakukan dengan tetap menerapkan physical distancing (pembatasan fisik) dan social distancing (pembatasan sosial).

Personel TNI juga memberikan edukasi kepada warga untuk rajin mencuci tangan, memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, serta menjaga jarak aman.

Bapak Slamet Riyadi selaku Ketua RT di Kelurahan Pandemangan Timur menyampaikan ucapan terima atas Bantuan Kemanusiaan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju dan Dharma Pertiwi atas pembagian Takjil dan Nasi Kotak yang dilakukan oleh Prajurit TNI.  

“Kegiatan seperti ini, sangat  membuat kami terkesan dan bangga memiliki TNI, yang tidak henti-hentinya hadir menebar kebaikan bagi semua,” ucapnya.

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman
 
Top