PADANG -- Hingga hari ini, Rabu (13/5/2020), grafik penambahan warga positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Provinsi Sumatera Barat terus beranjak naik. Kembali ada penambahan sebanyak 20 orang lagi, sehingga total positif Covid-19 di provinsi ini beranjak naik menjadi 339 orang.

Pihak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, melalui juru bicara (Jubir)-nya Jasman Rizal juga melaporkan adanya penambahan pasien sembuh sebanyak 13 orang, sehingga total sembuh 83 orang. Sementara pasien meninggal bertambah 1 orang, sehingga total meninggal menjadi 19 orang.

BACA JUGA: Seperti Kemarin, Hari Ini Tambah 20 Positif...

Dijelaskan, pertambahan sebanyak 20 orang warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 hari ini berdasarkan hasil swab test laboratorium Fakultas Kedokteran Unand yang dipimpin Dr. dr. Andani Eka Putra, MSc dan Balai Veteriner Bukittinggi. Penambahan dari Kota Padang sebanyak 14 orang, Kabupaten Agam 3 orang, Kabupaten Limopuluah Kota 1 orang, Kota Payakumbuh 1 orang dan Kabupaten Dharmasraya 1 orang.

Perinciannya sebagai berikut:

Kota Padang

1. Anak-anak 9 th, warga Siteba, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

2. Wanita 49 th, warga Padang Timur, pekerjaan ASN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

3. Pria 20 th, warga Padang Timur, status mahasiswa, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

4. Wanita 17 th, warga Padang Timur, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

5. Wanita 15 th, warga Padang Timur, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

6. Pria 12 th, warga Padang Timur, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

7. Pria 20 th, warga Kurao Pagang, belum bekerja, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

8. Pria 53 th, warga Kurao Pagang, pekerjaan sopir travel, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

9. Pria 16 th, warga Kurao Pagang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

10. Pria 37 th, warga Limau Manih, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

11. Pria 24 th, warga Andaleh, status ex Mahasiswa, terinfeksi karena pulang dari Pasar Raya, penanganan isolasi mandiri.

12. Pria 29 th, warga Kubu Marapalam, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

13. Pria 18 th, warga Purus, status Mahasiswa, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

14. Wanita 43 th, warga Bandar Buat, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena pedagang pasar Bandar Buat, penanganan isolasi mandiri.

Kabupaten Agam

1. Wanita 37 th, warga Lubuk Basung, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus positif, penanganan isolasi mandiri.

2. Pria 42 th, warga IV Angkek, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus positif, penanganan isolasi mandiri.

3. Pria 26 th, warga Desa Salo Baso, pekerjaan pegawai swasta, terinfeksi karena pulang dari Jakarta, penanganan isolasi mandiri.

Kabupaten Limopuluah Kota

1. Wanita 41 th, warga nagari Batu Balang Kecamatan Harau, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus positif, penanganan isolasi mandiri.

Kota Payakumbuh

1. Wanita 53 th, warga Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, pekerjaan CS Masjid, terinfeksi karena kontak dengan kasus positif, penanganan isolasi mandiri.

Kabupaten Dharmasraya

1. Pria 18 th, warga Sitiuang, status pelajar, terinfeksi karena sebagai santri Temboro dan pulang dari Jawa Timur pada tanggal 18 April 2020, penanganan isolasi mandiri.


Pasien sembuh sebanyak 13 orang dengan perincian:

1. Pria 28 th, warga Padang Timur Kota Padang, pasien RSUD Rasidin Padang.

2. Pria 41 th, warga Koto Lalang Kota Padang, pekerjaan tukang pijit, pasien RSUD Rasidin Padang.

3. Wanita 38 th, warga Ikua Lubuak Kota Padang Panjang, pekerjaan tenaga kesehatan, pasien RSUD Padang Panjang.

4. Wanita 31 th, warga Padang Panjang Timur, pekerjaan tenaga kesehatan, pasien RSUD Padang Panjang.

5. Wanita 40 th, warga Silaiang Ateh Kota Padang Panjang, pekerjaan tenaga kesehatan, pasien RSUD Padang Panjang.

6. Pria 28 th, warga Padang Panjang Timur, pekerjaan tenaga kesehatan, pasien RSUD Padang Panjang.

7. Wanita 43 th, warga Silaiang Bawah Kota Padang Panjang, pekerjaan tenaga kesehatan, pasien RSUD Padang Panjang.

8. Wanita 30 th, warga Balai Balai Kota Padang Panjang, pekerjaan tenaga kesehatan, pasien RSUD Padang Panjang.

9. Pria 21 th, warga Enam Lingkuang Kota Padang Panjang, pekerjaan Satpol PP, pasien RSUD Padang Panjang.

10. Pria 28 th, warga Silaiang Bawah Kota Padang Panjang, pekerjaan tenaga kesehatan, pasien RSUD Padang Panjang.

11. Pria 31 th, warga Tanah Hitam Kota Padang Panjang, pekerjaan satpam, pasien RSUD Padang Panjang.

12. Pria 34 th, warga Gumala Kota Padang Panjang, pekerjaan pegawai swasta, pasien RSUD Padang Panjang.

13. Pria 27 th, warga Pincuran Tinggi Kabupaten Tanah Datar, pekerjaan tenaga kesehatan, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Pasien meninggal dengan rincian sebagai berikut:

1. Pria 57 th, warga Parupuak Tabiang, pekerjaan Politisi, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini Rabu 13 Mei 2020 adalah 339 orang, dengan rincian 128 orang dirawat di berbagai rumah sakit, isolasi daerah 56 orang, Bapelkes 14 orang dan di BPSDM 39 orang, meninggal dunia 19 orang dan sembuh 83 orang.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar berdasarkan datanya yang dihimpun pihak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas kabupaten kota se Sumatera Barat, Rabu 13 Mei 2020 pukul 15.00 WIB.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8.821 orang.

Proses pemantauan 260 orang, dengan rincian karantina Pemda 58 orang dan 202 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 8.561 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 630 orang.

Dari 630 PDP tersebut, 47 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 583 orang.

Di penghujung laporannya Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar kembali mengajak semua pihak berdoa, semoga wabah pandemik Covid-19 segera berakhir.

(oel/rel)
 
Top