JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan para siswa, guru, mahasiswa dan dosen bisa memperoleh kuota gratis di Maret-Mei 2021.

Kuota gratis itu akan disalurkan tanggal 11-15 setiap bulannya dan berlaku selama 30 hari sejak kuota gratis diterima.

Mendikbud Nadiem Makarim mengaku, jika ada yang belum pernah memperoleh kuota gratis di tahun 2020 dan ada yang mengalami perubahan nomor ponselnya.

Maka, ada dua cara yang bisa dilakukan agar bisa memperoleh kuota gratis.

Langkah pertama, katanya, calon penerima harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021, agar bisa memperoleh bantuan kuota gratis.

"Jadi siswa atau guru bisa melapor ke pimpinan sekolah maupun perguruan tinggi, agar dapat dan merasakan kuota gratis dari pemerintah," ujar Nadiem seperti diberitakan Kamis (11/3/2021).

Kedua, lanjutnya, pimpinan atau operator sekolah dan perguruan tinggi harus mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk nomor yang berubah atau nomor baru yang akan memperoleh kuota gratis Kemendikbud.

Halaman unggahnya di http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk sekolah) atau http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk perguruan tinggi).

Nadiem menegaskan, bagi yang sudah pernah menerima kuota gratis di November-Desember 2020, maka otomatis akan kembali menerima kuota gratis di 2021.

"Asalkan para penerima kuota gratis Kemendikbud memiliki nomor ponsel yang aktif," sebutnya.

#kompas






 
Top