JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut pariwisata Indonesia segera bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19. Program vaksinasi COVID-19 yang sudah berjalan juga diyakini mampu mempercepat pemulihan ekonomi.

“Kita bersiap menghadapi kebangkitan pariwisata,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa (2/3/2021).

Sandiaga mengungkapkan ada beberapa strategi yang disiapkan menyambut kebangkitan pariwisata, yakni inovasi produk, destinasi wisata sesuai tren, adaptasi, serta kolaborasi. Namun, dia bakal memprioritaskan pariwisata bagi wisatawan dalam negeri dulu.

“Kemudian adaptasi dengan tetap disiplin protokol kesehatan dengan mendorong destinasi bersertifikasi CHSE (clean, health, safety, dan environmental sustainability),” paparnya.

Menurut Sandiaga, pandemi COVID-19 mengubah tren pariwisata. Wisatawan cenderung mengurangi transit dan kontak fisik.

“Sekarang yang banyak dicari adalah pariwisata berbasis budaya berbasis alam terbuka. Dari tadinya hanya melihat laut pasir putih dan sinar matahari sekarang mencari keheningan dan keberlanjutan,” terang politikus Partai Gerindra itu.

Sandiaga juga akan menyiapkan pembukaan destinasi wisata di zona hijau atau tidak ada kasus COVID-19. Pembukaan destinasi wisata ini untuk menarik perhatian turis mancanegara.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu optimistis sektor pariwisata segera bangkit usai program vaksinasi COVID-19 secara nasional. Terlebih, vaksinasi sudah menyasar sekolah pariwisata di daerah.

"Kita harapkan ini bisa menggeliat dan memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif serta bisa melewati masa-masa sulit pandemi," ujar Sandiaga.

#medcom





 
Top