PADANG -- Universitas Andalas (Unand) menargetkan tata kelola yang efektif dan efisien agar bisa bergerak cepat mencapai kinerja utama yang berkaitan dengan bidang kemahasiswaan dan alumni. 

Dalam proses transformasi tersebut diperlukan kreativitas, inovasi dan fleksibilitas dari semua unit pelaksana teknis (UPT) yang  berada di bawah koordinasi Warek 3 yang membidangi kemahasiswaan dan alumni.

Wakil Rektor (Warek) 3 Unand Insannul Kamil menekankan hal tersebut dalam momen serah terima jabatan (sertijab) kepala 3 UPT di bawah koordinasi Warek 3, yakni UPT Kewirausahaan, UPT Asrama dan UPT Pusat Karir & Konseling. Acara sertijab dilangsungkan pada Senin (8/3/2021), bertempat di studio Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) kampus Limau Manis.

Lebih lanjut, akademisi yang akrab disapa "Nanuk" itu menjelaskan, kinerja utama yang berkaitan dengan bidang kemahasiswaan dan alumni meliputi  persentase lulusan S1 dan D3 yang berhasil mendapat pekerjaan, melanjutkan studi atau menjadi wiraswasta, lalu persentase lulusan S1 dan D3 yang menghabiskan paling tidak 20 SKS di luar kampus atau meraih prestasi paling rendah tingkat nasional. 

Ia menekankan, 3 UPT yang berada di bawah koordinasi Warek 3 harus berkolaborasi untuk menjadi mesin penggerak ekosistem kreativitas, inovasi dan entrepreneurship serta akselarasi implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Unand demi melahirkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten serta berbudaya untuk kepentingan bangsa.

Pada acara sertijab kali ini, Drs. Asmi Abbas, SE, MM yang sebelumnya menjabat Ketua UPT Kewirausahaan digantikan oleh Dr. Oknovia Susanti, M. Eng. Sedangkan pada jabatan Ketua UPT Asrama, Dr. Fajri Usman digantikan oleh Dr. Muhammad Hendri, SP, MM. Hanya pada UPT Pusat Karir & Konseling yang tidak ada pergantian, Dr. Meifal Rusli, MT tetap melanjutkan sebagai ketua.

Menutup sambutannya Warek 3 mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada Fajri Usman dan Asmi Abbas atas pengabdian yang telah dijalankan dalam memajukan Unand.

(ede)





 
Top