SIJUNJUNG, SUMBAR -- Sebanyak 8 orang petugas Lapas Sijunjung dinyatakan positif Covid-19. Hal itu diketahui setelah dilakukan tes swab terhadap 120 orang petugas lapas. 

Kepala Dinas Kominfo Sijunjung yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Rizal Efendi, kepada awak media, Rabu (27/5/2020), membenarkan informasi tersebut.

“Ya, ada delapan petugas di Lapas terinfeksi positif Covid-19. Informasi tersebut berdasarkan laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi di bawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc,” kata Rizal.

Kedelapan petugas Lapas itu sedang bersiap-siap untuk diisolasi ke Padang.

“Petugas Lapas yang terinfeksi itu kini tengah bersiap menuju Padang untuk diisolasi," ujarnya.

Meski demikian, katanya, hingga saat ini warga binaan Lapas belum ada yang terkonfirmasi dan dari hasil swab sebanyak 132 orang semua dinyatakan negatif.

Ditambahkan Rizal Efendi, sebanyak 253 warga binaan akan dilakukan tes swab di Lapas Kelas II Muaro Sijunjung.

“Hari ini (Rabu,27/5/2020-red) akan dilakukan test swab terhadap warga binaan, dimulai pukul 09.00 WIB,” tambah Rizal.

Untuk itu, ia mengimbau warga Sijunjung untuk mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dalam aturan PSBB.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sumbar yang juga Juru Bicara Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal menegaskan, seluruh daerah di Sumbar sudah terinfeksi Covid-19, setelah warga Sijunjung dinyatakan positif Covid-19.

"Awalnya tujuh orang, barusan kita dapat laporan bertambah satu orang lagi. Jadi hingga saat ini, sudah delapan orang warga Sijunjung positif Covid-19," ungkapnya.

(yhy/oel)
 
Top