SITUBONDO, JATIM -- PT Pertamina (Persero) membuat pelatihan secara online terhadap mitra bisnis dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina. Diharapkan, para pelaku usaha kecil dan menengah tersebut bisa menguasai bidang digital marketing dan usahanya menjadi naik kelas.

Pelatihan tersebut dilaksanakan secara online kepada partisipan mitra bisnis dan UMKM Pertamina di beberapa daerah yang dimulai di Situbondo pada 18 Mei 2020 dan dilanjutkan lagi setelah lebaran ke beberapa daerah. 

Pemimpin Redaksi Takanta.id, Mohammad Farhan S menjadi pengisi materi dalam kegiatan yang mengangkat tema "Instagram Marketing: Menulis Caption yang Menarik" pada online training di Situbondo tersebut.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kegiatan online training ini merupakan rangkaian dari seri pelatihan digital marketing yang diselenggarakan Pertamina untuk mitra bisnis dan UMKM RKB Pertamina. Kegiatan ini juga merupakan komitmen Pertamina untuk meningkatkan kapasitas UMKM agar naik kelas dalam hal pengetahuan digital marketing.

"Kita ingin adanya peningkatan pemahaman digital marketing oleh para pelaku UMKM. Dan tema yang dipilih disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat, sehingga bahasa pemasaran yang digunakan dapat dipahami baik pelaku UMKM maupun follower social media pelaku UMKM," kata Fajriyah.

Fajriyah mengatakan, pelaksanaan online training ini juga akan dilakukan di beberapa daerah seperti Palangkaraya, Pekanbaru, Minahasa Selatan dan Temanggung. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggairahkan bisnis UMKM di masa pandemi virus Corona (Covid-19) ini.

"Online training di Situbondo ini berhasil menjadi pioneer dan program percontohan bagi wilayah lain. Agenda online training selanjutnya adalah di Palangkaraya, Pekanbaru, Minahasa Selatan, Temanggung yang akan dilaksanakan setelah lebaran," kata Fajriyah.

Kegiatan online training RKB Pertamina ini disambut baik oleh para pelaku UMKM di daerah. Seperti yang disampaikan Elfira yang merupakan pelaku usaha 'Kebun Kinara' di Situbondo yang berbasis pada usaha tanaman hias, bibit sayuran dan pot hias. Dia berharap kegiatan ini bisa kembali diadakan dengan materi yang beragam untuk bisnis UMKM.

"Saya sangat terbantu akan informasi dari pelatihan kali ini. Semoga RKB semakin jaya, merangkul lebih banyak pelaku UMKM dan memberikan peluang yang lebih besar lagi untuk bersama menuju kesuksesan," kata Elfira.

Sumber: merdeka.com

 
Top