TANAHDATAR, SUMBAR -- Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-teror menggeledah rumah seorang terduga teroris di Jorong Koto Gadih, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Kamis (21/5/2020). 

Terduga teroris tersebut, "REP" alis "AY" sebelumnya telah diamankan di Solo, Jawa Tengah. Namun karena yang bersangkutan tercatat sebagai warga Tanah Datar, maka dilakukan penggeledahan di kediamannya.

"Proses penangkapannya di Solo, Jawa Tengah, namun karena yang bersangkutan warga Lima Kaum, Tanah Datar, kemudian dilakukan penggeledahan rumahnya," ujar Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Sabtu (23/4/2020) malam, seperti dilansir liputan6.com.

Satake Bayu mengungkapkan, REP alias AY diduga terlibat jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD). Sebelumnya, ia telah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Penggeledahan di lantai atas kamar kosnya tidak terdapat barang yang diamankan karena kamar dalam kondisi kosong tidak berpenghuni," katanya.

Namun, katanya, barang bukti yang diamankan dari dalam kamar kediamannya di Kabupaten Tanah Datar disita berupa buku-buku tentang jihad dalam dua kantong plastik warna hitam milik REP alias AY.

"Untuk rencana aksinya masih dalam penyelidikan. Saat ini REP sedang menjalani pemeriksaan lanjutan di Brimob Polda Jateng," tuturnya.

(oel)
 
Top