PADANG – Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) melalui Bidang Humas, mengajak masyarakat agar senantiasa bijak dalam bermedia sosial (bermedsos), menghindari penyebaran berita bohong dan penyebaran informasi yang tidak jelas kebenarannya, terutama di masa Pilkada Serentak 2020.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol. Satake Bayu mengajak semua lapisan masyarakat untuk selalu bijak dalam bermedsos dengan menyaring informasi yang diterima, apakah benar atau bohong dan yang terpenting tidak ikut menyebarkannya.

“Kami tetap akan mengajak masyarakat untuk ikut secara bersama-sama menepis berita bohong (hoaks) dan bijak bermedsos. Para pengguna medsos, harus bisa menyaring setiap informasi sebelum membagikannya, budaya literasi sangat diperlukan untuk mengantisipasi  tersebarnya informasi yang tidak benar,” katanya.

Selain itu, Kabid Humas yang dekat dengan awak media ini juga berharap agar media juga berperan dalam mengedukasi dan ikut mengajak masyarakat dalam bijak bermedsos terutama pada masa Pilkada serentak 2020.

Saat ini kata Kombes Pol Satake, pihaknya juga tengah melakukan patroli cyber pada medsos untuk mengantisipasi dan menangkal berita hoaks, ujaran kebencian dan SARA yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan kamtibmas.

“Hingga saat ini terus melakukan patroli cyber untuk memantau aktivitas media sosial, kami akan memproses hukum pelaku penyebaran hoaks ketika memenuhi unsur dan cukup bukti,” terangnya.

“Mari kita sama-sama menciptakan Pilkada Serentak 2020 ini menjadi Pilkada yang aman, damai dan sejuk,” pungkasnya.

Sumber: Bidhumas Polda Sumbar
 
Top