PADANG -- Meskipun sempat viral info beredar bakal heboh bahkan ricuh, nyatanya penutupan Musyawarah Nasional (Munas) XIV Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di kampus Universitas Andalas (Unand) Limau Manis pada Jumat (2/4/2021) malam ini berlangsung kondusif. Yang kental terasa justru suasana keakraban.

“Wajar heboh dalam konteks demokrasi,  itu namamya berdinamika, apalagi para peserta adalah pemimpin mahasiswa yang tentunya punya prinsip dan idealisme dalam menyikapi sebuah isu," ujar Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Unand Dr. Ir. Insannul Kamil menanggapi info beredar.

Pada kenyataaannya, ia justru merasakan suasana bertolak belakang dengan prediksi yang sempat menjadi viral. Pengambilan keputusan pada Munas ini berjalan demokratis, semua serba legowo dan suasana yang ia saksikan justru penuh keakraban.  

Bahkan ketika menutup secara resmi Munas dalam kapasitas mewakili Rektor Unand, ia memberi applause serta menyatakan bahwa kegiatan yang berlangsung mulai 28 Maret hingga 3 April 2021 itu terbilang sukses.

Diketahui, Munas XIV BEM SI dengan tema “Kreasi Nyata Pemuda Indonesia sebagai Agent of Change dalam Bingkai Berdemokrasi di Era Society 5.0” ini diikuti 260 BEM perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia. Ujug-ujug heboh atau ricuh, pada akhirnya Munas ini berhasil memilih Koordinator Pusat, Wilayah dan Koordinator Isu masa kepengurusan BEM SI Periode 2020 – 2021

“Program kerja BEM SI ke depan akan penuh dengan tantangan-tantangan baru seiring dengan transformasi digital yang telah memaksa seluruh manusia penghuni bumi ini untuk mampu beradaptasi dengan cepat,” ujar Insannul Kamil membacakan sambutan tertulis Rektor Unand Prof. Yuliandri.

Rektor Unand, sebagaimana  sambutan tertulis yang dibacakan WR3 sangat mengapresiasi pelaksanaan Munas XIV 2021 di kampus UNAND dan berpesan kepada seluruh delegasi Munas BEM SI XIV untuk selalu melakukan kreativitas dan inovasi untuk secara bersama-sama membawa Indonesia keluar dari pandemi Covid-19.

“Mahasiswa haruslah selalu menjadi garda terdepan dalam kemajuan kehidupan berbangsa dan bernegara. Penghormatan Unand kepada Gubernur dan Kapolda Sumbar beserta jajarannya yang sudah memberikan perhatian lebih agar Munas BEM SI XIV di Padang berjalan dengan aman dan nyaman,” ungkap Insannul Kamil.

Rektor Unand juga menyampaikan terimakasih kepada kepada wakil dekan bidang kemahasiswaan beserta staf tingkat universitas dan fakultas, ketua pelaksana, presiden dan wakil presiden BEM KM Unand beserta kabinetnya atas terselenggaranya kegiatan Munas dengan baik di kampus Limau Manis Universitas Andalas.

“Selamat juga kepada semua delegasi untuk kembali ke rumah dan perguruan tinggi masing-masing dengan selalu mematuhi protokol kesehatan, setelah selama satu minggu berada di bumi ranah minang,” ujar Prof Yuliandri di sambutan tertulisnya.

#ede






 
Top