PADANG -- Organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) menobatkan Sumatera Barat (Sumbar) sebagai provinsi dermawan atas kepedulian masyarakatnya yang sangat tinggi terhadap kemanusiaan.

"Dalam beberapa kali bencana di Indonesia maupun di luar negeri masyarakat Sumatera Barat menunjukkan kepedulian dan kedermawanannya dengan memberikan donasi dan bantuan kemanusian sehingga patut dinobatkan sebagai provinsi dermawan," kata Vice President National Philantropy Network ACT, Mukhti, di Padang, Senin (6/9/2021).

BACA JUGA: Kasus Sumbangan Buku, Pemprov Sumbar Keluarkan Pernyataan di Sela Sikap "Bungkam" Gubernur Mahyeldi

ACT mencatat, sejak 2018 masyarakat Sumbar atas nama kemanusiaan mengulurkan bantuan bagi saudaranya yang tertimpa musibah. Penyaluran bantuan tersebut dipercayakan kepada ACT sebagai mitra yang dinilai profesional.

Beberapa bencana besar yang patut dicatat di antaranya gempa Lombok dan Palu pada 2018, banjir besar di Kalimantan Selatan, kapal kemanusiaan untuk Rohingya di Bangladesh serta bantuan untuk masyarakat Palestina.

Setiap tahun masyarakat Sumbar juga terus mendukung program kapal kemanusiaan untuk daerah Mentawai dan masih banyak lagi aksi kemanusiaan yang mendapatkan dukungan donasi dari masyarakat Sumatera Barat.

"Hari ini kembali buktikan kepedulian masyarakat Sumatera Barat tersebut dengan memberikan bantuan ambulance untuk Palestina," ujarnya.

Ia yakin semua bantuan tersebut akan mendapatkan balasan amal yang setimpal sekaligus bisa mempererat jalinan ukhuwah Islamiyah.

Menurutnya ACT akan terus berupaya menjadi mitra profesional yang terbaik untuk membantu menyalurkan bantuan kemanusiaan dari masyarakat Sumbar bagi saudara-saudaranya yang tertimpa musibah baik di dalam maupun di luar negeri.

BACA JUGA: Juga Ditandatangani Gubernur, Bedanya Surat DPMPTSP Tak Bertujuan Kumpulkan Uang

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumbar Hj. Harneli Bahar mengatakan donasi yang diberikan oleh masyarakat Sumatera Barat melalui PKK dan organisasi lainnya merupakan motivasi bagi pihak lain untuk ikut memberikan bantuan kemanusiaan.

Ia mengatakan kepedulian atas Palestina didorong oleh fakta sejarah bahwa negara itulah yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Disamping itu Palestina adalah kiblat pertama umat Islam karena itu patut mendapatkan perhatian dari semua pihak.

Ia mengapresiasi dukungan dari TP PKK 19 kabupaten dan kota di Sumbar serta organisasi lain seperti Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) dan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) yang hanya dalam waktu beberapa bulan mampu mengumpulkan donasi untuk pengadaan  bantuan ambulance bagi Palestina.

Ia merinci, total donasi dari TP PKK provinsi dan kabupaten kota serta organisasi lainnya mencapai Rp633 juta rupiah sehingga pengadaan bantuan ambulance bisa dilaksanakan.

Lima TP PKK dengan donasi terbanyak adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Solok dan Kota Padang.

Ia berharap donasi dan bantuan kemanusiaan yang terkumpul itu bisa sedikit meringankan beban warga muslim di Palestina.

###





 
Top