SALAH satu momen terindah  dalam hidup dan kehidupan di muka bumi adalah saling berbagi dengan sesama. Bagi mereka yang dikarunia daya, kapasitas serta kelapangan, berbagi merupakan sebuah kepatutan. Sebaliknya, sebuah pemberian akan menjadi berkah dan mengguratkan kebahagian tak terhingga pada pihak penerima, apalagi jika tepat sasaran. 

Nah, sepanjang Ramadhan 1441 hijriah yang masih dilingkupi pandemi Covid-19 ini, Kepolisian Daerah Sumatera Barat  (Polda Sumbar) secara intens melaksanakan aksi sosial, membantu kesulitan masyarakat di wilayah hukumnya.

Rabu (6/5/2020) siang, sejumlah pejabat utama (PJU) Polda Sumbar beranjangsana sekaligus mengantar langsung  bantuan sembako  ke dua panti di Kota Padang, yakni Panti Jompo "Wisma Cinta Kasih" di Jalan Jenderal Sudirman dan Panti Asuhan  Khusus Anak Mentawai (PAKAM) di bilangan Purus V. 

Raut bahagia bercampur haru terpancar dari paras keriput segenap manula di  Wisma Cinta Kasih. Puluhan oma opa di panti jompo itu begitu surprise atas kehadiran sederet pria gagah barbalut seragam Polri, berikut dua Polwan cantik Polda Sumbar siang itu. Mereka adalah  Karo Rena Polda Sumbar Drs. Dharu Siswanto, Karo Log Kombes Pol. Suranta Pinem SIK, Dirpamobvit Kombes Pol Agus Krisdiyanto, SH, MBA, Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu, SIK, Kabidkum Kombes Pol. Nina Febri Linda SH, MH dan Ka Setum Polda Sumbar AKBP Nina Martini, SH.

Setelah bercengkerama sejenak dengan para oma opa, rombongan yang juga sempat menampung curhatan para manula itu bertolak ke PAKAM di jalan Purus IV No.8, Kecamatan Padang Barat. Di panti asuhan yang  berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YAPI) tersebut, para PJU Polda Sumbar menjumpai puluhan anak yatim, piatu dan anak dhuafa asal Kepulauan Mentawai.

Di PAKAM saat ini sedikitnya terdapat sebanyak 43 anak yatim, piatu dan dhuafa yang dibina. Terdiri atas 22 laki-laki dan 11 perempuan. Satu di antaranya masih di bangku TK, 9 di bangku SD, 19  di SLTP, 18 di SLTA, serta 5 lainnya dikuliahkan pihak yayasan di sejumlah  perguruan tinggi di Padang.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol. Satake Bayu Setianto, SIK, memaparkan, dalam bulan ramadhan kali ini, dimana masyarakat juga dalam situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Polri dalam hal ini Polda Sumbar berupaya terus menebar kebaikan bagi sesama melalui serangkaian kegiatan sosial yang tujuannya adalah untuk meringankan beban  kehidupan masyarakat. 

Setidaknya, sentuhan perhatian dari jajaran Polda Sumbar ikut menguatkan dan menyadarkan masyarakat tentang arti penting membangun rasa saling empati dan peduli satu sama lain.

Sumber: Bidhumas Polda Sumbar
Editing: Aroel Sumatrazone

 
Top