PADANG -- Rabu (13/5/2020) besok, Pemerintah Kota Padang akan mentransfer dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 104 kelurahan agar dibagikan langsung kepada masyarakat terdampak Covid 19 melalui RT setempat. 

BLT akan dibagikan kepada sebanyak 74.126 kepala keluarga (KK). Setiap kepala keluarga mendapatkan uang tunai sebesar Rp600 ribu.

“SK sudah selesai, sudah dimasukkan ke keuangan. Mungkin dalam pekan ini cair, bisa hari Rabu selesai. Saya drop ke kelurahan, nanti terserah kelurahan membagi apakah langsung hari itu juga atau bagaimana,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi, Jumat (8/5/2020) lalu, seperti dilansir dari langgam.id.

Menurutnya, Pemerintah Kota Padang sengaja tidak mengunakan jasa PT Pos Indonesia karena RT yang mendata dan tahu alamat serta warga yang akan menerima BLT ini.

Afriadi mengatakan BLT sebesar Rp600 ribu ini merupakan bantuan untuk bulan April. Dana diambil dari Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Kota Padang sebesar Rp44 miliar lebih.

“Kami cairkan Rp600 ribu ini untuk bulan April saja. Selanjutnya untuk bulan berikutnya kami tidak tahu, apakah masih ada uang Pemerintah Kota Padang. Yang jelas satu bulan ini dibayarkan dulu, bagaimana nanti selanjutnya dilihat aja,” katanya.

Afriadi mengatakan untuk bantuan dari Kementerian Sosial, pihaknya telah menyerahkan data warga Padang yang berhak mendapatkan, yakni sebanyak 28.594 kepala keluarga. Masing-masing kepala keluarga mendapatkan bantuan Rp1,2 juta.

Sementara data penerima BLT dari Pemerintah Provinsi Sumbar yang diserahkan, sebanyak 13.415 kepala keluarga. Menurutnya, bantuan dari Kemensos dan Pemerintah Provinsi Sumbar ini sudah berjalan.

(oel)
 
Top