PADANG -- Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Barat segera menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan IX akhir Oktober ini. Pelaksanaan UKW yang bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia Wilayah Sumbar ini direncanakan 26-28 Oktober 2018 di Padang.

Ketua PWI Sumbar, H. Heranof Firdaus, menjelaskan, penyelenggaraan UKW oleh PWI sengaja menggandeng mitra kerja, tujuannya untuk meringankan peserta. Sehingga kontribusi yang harus dibayar menjadi lebih rendah. 

"Kita PWI bukan mencari keuntungan menyelenggarakan UKW, tetapi membantu teman-teman wartawan agar bisa kompeten dengan biaya yang ringan," papar Heranof Firdaus didampingi Ketua Panitia UKW IX, Sawir Pribadi, dalam siaran persnya, Senin (15/10/2018).


UKW Angkatan IX direncanakan diawali dengan Pra UKW pada tanggal 26 Oktober 2018. Sekaligus pada tanggal tersebut dilaksanakan pula Ujian Kenaikan Status (UKS) PWI untuk Anggota Muda menjadi Anggota Biasa.

Pelaksanaan UKW selama dua hari penuh, yaitu 27-28 Oktober 2018. Tempat UKW dipusatkan di Corporate University/Sendik BRI di Pasar Baru, Pauh, Kota Padang.

Karena besarnya biaya penguji dan akomodasi peserta untuk UKW ini, setiap peserta dibebankan biaya untuk Kategori Wartawan Utama sebesar Rp2 juta dan Kategori Wartawan Madya/Muda sebesar Rp1,5 juta. 

Syarat menjadi peserta UKW adalah wartawan dari media yang telah terverifikasi Dewan Pers (minimal verifikasi administrasi yang dibuktikan dari print halaman Dewan Pers), kemudian mengisi formulir, menyerahkan Surat Rekomendasi dari Pemimpin Redaksi untuk mengikuti UKW dengan menyebutkan kategori UKW yang diikuti. 

Kemudian, peserta menyerahkan daftar nara sumber yang akan Uji Jejaring, pas foto 3x4 dua lembar dan menyerahkan karya jurnalistik berupa berita atau feature.

Pendaftaran peserta dibuka sejak Selasa 16 Oktober dan ditutup Jumat 19 Oktober 2018 di Kantor PWI Sumbar, Jalan Bagindo Azischan Padang, telepon (0751) 25900 atau staf sekretariat a.n Nelly, ponsel/WA: 081363837574. 

(rel/ede)
 
Top