JAKARTA -- Hari ini, Kamis (11/10/2018), di kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, ada yang berbeda dari biasanya. 

Sosok Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan yang biasanya berperawakan tinggi, tegap dan berambut cepak, kini digantikan oleh seorang anak perempuan berusia 15 tahun.

Tak hanya menggantikan sosok Menko Luhut, anak ini bahkan memimpin rapat yang dihadiri oleh para pejabat internal, memimpin rapat koordinasi dengan pejabat dari empat kementerian di bawah koordinasi Kemenko Bidang Kemaritiman hingga menerima tamu Menko. 

Siapakah dia? Anak istimewa ini adalah  Maria Lengari, siswi sebuah SMP di Lembata. Maria atau Osin panggilan akrabnya, telah memenangi sebuah kompetisi kepemimpinan oleh Yayasan Plan International Indonesia (YPII). Kompetisi ini digelar untuk memperingati Hari Anak Perempuan sedunia yang diperingati setiap tanggal 11 Oktober.

Untuk memberikan pengalaman dan kesempatan memimpin di dunia nyata, bekerjasama dengan Kemenko Bidang Kemaritiman, Osin diberikan kesempatan untuk menjadi Menko Bidang Kemaritiman selama satu hari, yakni pada hari Kamis 11 Oktober 2018. 

Sekretaris Bidang Kemenko Bidang Kemaritiman Agus Purwoto mengaku sangat mengapresiasi kegiatan itu. 

“Saya ingin agar anak kita dapat memiliki pengalaman memimpin seperti yang Pak Menko lakukan sehari-hari, serta dapat mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh pemerintah khususnya untuk membangun sektor kemaritiman,” ujarnya saat mendampingi Osin di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Kamis (10/10/2018).

(rel)
 
Top