JAKARTA -- Relawan Jokowi Mania (JoMan) mengembuskan isu liar reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi)-WakiL Presiden Ma'ruf Amin digelar September atau awal Oktober. Baru-baru ini, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, menyentil menteri yang elitis.

Perihal isu reshuffle kabinet akhir September disampaikan Ketua JoMan, Immanuel Ebenezer, yang mengaku mendapat informasi berupa 'sinyal kuat'. Ia menyebut ada 4 menteri yang bakal terkena reshuffle.

"Selambat-lambatnya awal Oktober," kata Noel, Selasa (7/9/2021).

Di tengah panasnya embusan isu dari JoMan, hari ini, Rabu (8/9/2021), Abdul Mu'ti membuat cuitan yang isinya menyentil menteri tidak prorakyat. Mu'ti menyebut sikap pembantu Jokowi ini berbeda dengan sang kepala negara.

"Pak Jokowi adalah presiden yang merakyat, peduli kepada rakyat dan kaum alit," tulis Mu'ti. Mu'ti telah mengizinkan cuitannya untuk dikutip.

Sikap Jokowi itu, kata Mu'ti, justru berbanding terbalik dengan sebagian menterinya. Mu'ti menyebut sebagian menteri Jokowi terkesan bersikap elitis.

"Tetapi, sebagian menterinya justru elitis, sikap dan kebijakannya jauh dan menjauhkan diri dari rakyat. Eman-eman," ujar Mu'ti.

Isu liar reshuffle akhir September dan sikap Mu'ti menyoroti menteri elitis ini bisa jadi hanya kebetulan belaka.

Namun isu reshuffle ini berembus lagi setelah PAN, partai yang diasosiasikan dengan Muhammadiyah, bergabung ke koalisi Presiden Joko Widodo (Jokowi). PAN masuk ke koalisi Jokowi setelah Ketum PAN Zulkifli Hasan diundang ke Istana bersama petinggi partai pro-Jokowi lainnya pada Rabu (25/8/2021).

Meski demikian, Zulhas, sapaan Zulkifli, menegaskan tidak ada pembahasan mengenai amandemen UUD 1945 dan kursi menteri atau reshuffle saat dia bertemu dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

"Tidak ada yang bahas itu," kata Zulhas Hasan saat diwawancarai setelah bertakziah ke rumah salah seorang stafnya di Desa Bojong Cideres, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, Sabtu (28/8/2021).

Zulhas menjelaskan, saat bertemu dengan Jokowi, dia mengaku diundang untuk berbicara mengenai persoalan yang saat ini sedang dihadapi bangsa Indonesia, mulai pandemi Covid-19 hingga isu Jakarta yang akan tenggelam.

#detik




 
Top