BINTAN, KEPRI -- Lonjakan jumlah penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mulai tak sebanding dengan daya tampung bandara ini. Bahkan sejak tahun 2017, jumlah penumpang sudah mencapai 3,9 juta, jauh melampaui kapasitas saat ini, yang hanya bisa menampung 2,8 juta penumpang. Kondisi ini menandakan BIM telah masuk kategori tidak nyaman.

Terkait kondisi BIM kekinian, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, mengungkapkan, pada tahun 2019 daya tampung bandara internasional ini akan ditingkatkan dengan kapasitas 5,2 juta penumpang per tahun. Termasuk menambah fasilitas hotel di dalam kawasan bandara.

"Insya Allah tahun 2019 direalisasikan," ujar wagub ketika presentasi tentang kepariwisataan Sumbar di Bintan Kepri bersama PT. Angkasa Pura II maskapai penerbangan nasional dan internasional, Jumat (23/3/2018).

Dalam kesempatan itu, selain menyoal kondisi BIM berikut rencana peningkatan kapasitas dan penambahan fasilitasnya, Wagub Nasrul Abit juga mengulas beragam potensi Sumbar di sektor pariwisata.

(rel/ede)








 
Top