JAKARTA -- Nama Rizieq Syihab sempat disebut sebagai salah satu syarat rekonsiliasi antara Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Pihak Istana memastikan tidak ada pembahasan mengenai Rizieq Syihab dalam pertemuan Jokowi dan Prabowo hari ini.

Rizieq saat ini masih berada di Arab Saudi. Pihak pengacara Rizieq sempat menyebut kliennya 'terhambat' untuk kembali ke Tanah Air.

Namun Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan, Jokowi dan Prabowo sama sekali tidak membahas masalah Rizieq Syihab ataupun masalah hukum lainnya. Yang jelas, keduanya sepakat untuk mengakhiri polarisasi pendukung selama Pilpres 2019 ini.

"Nggak ada pembahasan itu sama sekali. Tidak ada pembahasan, baik yang ada di MA ataupun pemulangan seseorang dari mana pun, tidak ada sama sekali pembahasan itu," ujar Pramono di FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Sebelumnya, eks Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengaitkan kepulangan Rizieq Syihab dengan proses rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo. Menurut Dahnil, pemulangan Rizieq merupakan salah satu cara untuk mengubur dendam politik di Pilpres 2019.

Sementara itu, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyatakan pemulangan Rizieq Syihab juga menjadi salah satu syarat rekonsiliasi Prabowo dan Jokowi. Namun, menurutnya, masih ada banyak hal lain yang menjadi pertimbangan dalam proses rekonsiliasi.

"Ya keseluruhan, bukan hanya itu, tapi keseluruhan. Kemarin-kemarin kan banyak ditahan-tahanin ratusan orang?," kata Muzani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019) lalu.

Sumber: detik.com
 
Top