PADANG – Wali Kota Padang Mahyeldi berpesan kepada para Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Padang agar juga ikut mendoakan Kota Padang menjadi kota yang lebih baik lagi sesampai di tanah suci Makkah.

Kepada CJH Kota Padang yang berjumlah 386 orang itu pun Mahyeldi mengingatkan, agar selalu menjaga kesehatan selama di perjalanan supaya tidak kendala dalam melaksanakan rangkaian ibadah salah satu rukun Islam tersebut. 

“Semoga bapak ibu berangkat dan pulang dengan selamat, berada dalam keadaan sehat wal'afiat. Sehingga, dapat kembali ke Tanah Air memperoleh haji yang mabrur dan mendapatkan keberkahan untuk kehidupan ke depan," ucap wali kota agamis itu saat memberikan sambutan di kegiatan pelepasan CJH Kota Padang kelompok terbang (kloter) 17 Emberkasi Padang di Asrama Haji Padang, Tabing, Senin (22/07/2019) pagi. 

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat diwakili Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Busral mengatakan, pemerintah memang berkewajiban memberikan pelayanan kesehatan kepada CJH baik sebelum keberangkatan, selama di tanah suci dan sampai nanti kembali ke Tanah Air.

Dimana hal ini dituangkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI nomor 15 Tahun 2016, tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji dan amanat Undang Undang nomor 13 tahun 2008 bahwa jemaah haji perlu mendapatkan perlindungan agar dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentuan Syariat Islam.

"Oleh karena itu, pemerintah daerah baik kabupaten dan kota harus melakukan pembinaan dan pelayanan kepada CJH dengan sebaik-baiknya," sebutnya.

Sementara itu Pjs. Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Sumbar Armadi dalam laporannya menyampaikan, keberangkatan JCH kloter 17 Kloter XVII (Tujuh Belas) Emberkasi Padang diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara King Abdul Aziz Internasional Airport (KAAIA) Jeddah, menggunakan maskapai pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER pukul 21.00 WIB. 

Ia menyebutkan, JCH Emberkasi Padang Provinsi Sumatera Barat  berjumlah 393 JCH, terdiri dari jemaah haji laki 164, wanita  222, TPHD 3 orang, petugas kloter 5 orang. Usia tertua JCH 88 tahun atas nama Lisma Zein Muhammad dan termuda Shakila Nuza Qisthi usia 18 tahun. 

“Semua calon jamaah haji yang akan diberangkatkan telah melaksanakan manasik haji yang dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Kelompok Bimbingan dan Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota. Kita semua tentu berdoa, semoga semua calon jamaah haji bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan memperoleh haji yang mabrur,” papar Armadi yang juga Kasi Pendidikan Diniyah dan Alquran Bidang Pakis, mengakhiri.

(rel/ede)
 
Top