JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berkomitmen tak akan menghentikan penenggelaman kapal maling ikan yang menjadi tradisi Susi Pudjiastuti. Tapi dia tidak mau fokusnya hanya penenggelaman kapal.

Edhy menilai jika penenggelaman kapal dilakukan terus tapi tidak ada pembinaan terhadap nelayan dan pembudidaya perikanan, maka tidak ada gunanya.

"Kalau jargon penenggelaman kapal terus yang kita lakukan sementara pembinaan kepada nelayan dan pembudidaya ikan kita juga nggak ada, nggak jalan, nggak ada gunanya," kata Edhy di Menara Kadin, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Dalam menenggelamkan kapal pencuri ikan, Edhy juga tidak akan gegabah. Pihaknya juga akan mengikuti keputusan pengadilan.

"Penenggelaman kapal itu tetap kita akan lakukan kalau memang ada, siapa pelanggarnya, tapi kalau kemudian kita tangkap, kita kejar masak harus kita tenggelamkan, wong dia sudah nyerah. Kan pengadilan urusannya, menenggelamkan kapal pun harus keputusan pengadilan," ujarnya.

Lanjut Edhy, kalau hanya sekedar menenggelamkan kapal adalah hal kecil buat dirinya. Namun perlu diingat bahwa bukan itu tujuannya utamanya.

"Kita nggak akan pernah takut dengan nelayan asing, tapi juga jangan semena-mena sama nelayan kita sendiri, harus ada pembinaan. Kita harus disayangi nelayan kita sendiri tapi kita ditakuti nelayan-nelayan pencuri," tambahnya. 

Sumber: detik.com
 
Top