JAMBI – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jambi, Drs. H. M. Dianto,M.Si menyampaikan, pengukuhan KSBN Provinsi Jambi memiliki arti dan makna yang sangat strategis, karena ini merupakan suatu wadah untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional, khususnya yang ada di Provinsi Jambi. 

Hal tersebut disampaikan Sekdaprov Jambi pada Pengukuhan Pengurus Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Jambi Periode 2019-2024, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (18/11/2019). 

Ketua Umum KSBN Pusat, Mayjen TNI (Purn) Drs.Hendardji Soepandji,SH secara langsung mengukuhkan KSBN Provinsi Jambi, dimana Sekda yang menjadi Ketua Umum KSBN Provinsi Jambi.

“Pengukuhan ini dapat mendorong terbinanya persatuan dan kesatuan, komunitas seni budaya tradisional nusantara, karena tugas untuk memajukan seni budaya bangsa bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah, dunia usaha, masyarakat, serta para seniman dan budayawan,” ujar Sekda.

Sekda mengingatkan, menjaga kelestarian seni dan budaya merupakan hal yang sangat penting dan mendesak, mengingat pesatnya perkembangan arus budaya mancanegara pada era globalisasi saat ini dapat mempengaruhi generasi muda bangsa ini, sehingga generasi muda secara perlahan akan terpengaruh dan seni budaya yang sudah diwariskan leluhur akan luntur dan punah.

“Saya berpesan kepada para pengurus yang baru saja dikukuhkan, untuk terus menggali dan mengembangkan seni budaya daerah dengan melibatkan masyarakat, khususnya para generasi muda. Ini bertujuan agar para generasi muda lebih mencintai budaya daerahnya sendiri yang tidak dimiliki bangsa lainnya,” kata Sekda.

Sekda juga menambahkan, pengembangan seni budaya suatu daerah juga merupakan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut, kita bisa melihat Bali sebagai contoh dimana para turis bukan hanya melihat keindahan pulau Dewata, melainkan juga tertarik dengan seni budaya yang ada.

“Mari kita bahu membahu dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional Provinsi Jambi guna mempromosikan Jambi ke tingkat nusantara dan mancanegara, sehingga secara perlahan seni budaya Jambi menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung,” pungkas Sekda.

Sebelumnya, Hendardji mengatakan, KSBN ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang mengangkat kearifan lokal di suatu daerah sesuai dengan undang undang nomor 05 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Dimana, undang undang ini mengamanatkan bahwa penguatan nilai nilai tradisional harus dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan budaya.

“Undang undang ini menjadi landasan yang kuat bagi berkembangnya seni dan budaya pada suatu wilayah dalam membangun peradaban sesuai dengan kearifan lokal yang ada, terlebih lagi bagi Provinsi Jambi yang memiliki keindahan alam luar biasa dan beraneka ragam kearifan lokal didalamnya serta ditunjang dengan situs situs purbakala sejalan dengan sejarah masa lalu yang kuat,” kata Hendardji.

Ketua Harian KSBN Provinsi Jambi, Prof.Dr. Drs.Sihol Situngkir,MBA mengucapkan terima kasih kepada Hendardji selaku Ketua Umum KSBN Pusat yang telah datang ke Jambi untuk mengukuhkan KSBN Provinsi Jambi secara langsung, semoga ini menjadi motivasi tersendiri bagi para pengurus KSBN Provinsi Jambi dalam memajukan seni budaya Provinsi Jambi. 

(rel/ede)
 
Top