PADANG -- Rotasi jabatan di lingkungan Kepolisian Daerah Sumatera Barat kembali bergulir. Kali ini jabatan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) yang diserahterimakan dari Kombes Pol. Onny Trimurti Nugroho, SE, SIK, MH kepada Kombes Pol. Imam Kabut Sariadi, SIK, MM.

Kombes Pol .Onny, selanjutnya akan menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri dalam rangka pendidikan Sespimti. Jabatan Dirreskrimmum Polda Sumbar dilanjutkan oleh Kombes Pol. Imam Kabut yang sebelumnya menjabat Kepala SPN Polda DIY.

Serah terima jabatan sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor : 2177/XI/2019 tanggal 7 November 2019 yang ditandatangani oleh Kapolri.

Upacara sertijab berlangsung di ruang Jenderal Pol Soekanto Polda Sumbar, Selasa (26/11/2019), dipimpin oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum.

Kapolda mengatakan, serah terima jabatan dalam setiap organisasi merupakan hal penting dan strategis dalam memelihara dinamika dan meningkatkan kualitas kinerja organisasi. Disamping merupakan proses regenerasi kepemimpinan dan promosi bagi personel Polri yang bersangkutan, juga merupakan wujud penghargaan yang diberikan organisasi kepada personel Polri yang dinilai telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik atas dedikasi, kinerja dan pengabdian yang tinggi. 

"Amanah dan kepercayaan yang diberikan pimpinan Polri kepada personel yang mendapat promosi jabatan tersebut, diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal di kesatuan yang baru, menambah wawasan dan pola pikir serta dapat dijadikan sarana dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara, khususnya dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat", ucap Irjen Pol Fakhrizal dalam amanatnya.

Selaku Kapolda, Irjen Pol. Fakhrizal menghaturkan terimakasih kepada Kombes Pol. Onny Trimurti Nugroho atas segala dedikasi dan pengabdiannya yang telah diberikan selama bertugas sebagai Dirreskrimum Polda Sumbar, dalam kurun waktu sekitar 1 tahun 3 bulan. 

Ia menilai, Kombes Pol. Onny mampu membangun jajaran Reserse Kriminal Umum yang solid dan profesional. "Saudara juga sudah memberikan kontribusi yang besar dalam menyelenggarakan penyelidikan, penyidikan dan pengawasan penyidikan tindak pidana umum, termasuk fungsi identifikasi dan laboratorium forensik lapangan," ungkapnya. 

Di mata Kapolda Fakhrizal, pengorbanan, loyalitas dan kinerja yang ditunjukkan Kombes Pol. Onny selama ini memberikan kesan yang positif bagi jajaran Polda Sumbar. "Hendaknya hal ini terus menghiasi lembaran karier dimanapun saudara bertugas", pesan Kapolda

"Selamat atas kelulusannya mengikuti pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-29 T.A. 2020, semoga sukses selalu dalam karir di kepolisian", imbuh kapolda.

Selanjutnya, kepada pejabat Dirreskrimum
Polda Sumbar yang baru, Kombes Pol Imam Kabut beserta istri, kapolda mengucapkan selamat datang di Ranah Minang dan selamat bergabung dengan keluarga besar Polda Sumbar. 

Tantangan tugas yang akan dihadapi ke depan semakin kompleks, namun Kapolda Fakhrizal percaya dengan pengalaman, kemampuan, kepemimpinan serta kinerja yang dimiliki Kombes Pol. Imam Kabut bisa membawa Ditreskrimum Polda Sumbar menjadi lebih baik. 

"Jabatan merupakan suatu amanah dan kepercayaan dari Allah Swt serta pimpinan Polri, oleh karenanya, besar harapan saya agar amanah yang telah diberikan kepada saudara dapat dipelihara dan dijaga untuk bersama-sama berkomitmen guna membentuk team work yang solid dan baik dalam membangun Polda Sumbar beserta jajarannya", tuturnya.

Sebelum mengakhiri amanat tersebut, Irjen Pol. Fakhrizal kembali menekankan kepada seluruh pejabat utama dan para Kapolres, agar senantiasa menjaga kebersamaan serta kekompakan dalam setiap pelaksanaan tugas.

"Terutama dalam rangka meningkatkan profesionalisme Polri yang mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat", tutupnya.

Upacara sertijab dihadiri oleh Wakapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Damisnur AM, SH. MM, Pejabat Utama Polda Sumbar, para Kapolres sejajaran Polda Sumbar, para Pamen Polda Sumbar, Ketua Bhayangkari Sumbar Ny. Ade Fakhrizal beserta Pengurus Bhayangkari Sumbar dan Ketua Bhayangkari Cabang se Sumbar.

(rel/ede)
 
Top