JAKARTA -- Kota Padang Panjang kembali meraih Penghargaan Kota Sehat Nasional Tahun 2019. Penghargaan yang diraih untuk kali ketujuh ini diserahkan Menkes Terawan Agus Putranto dan Mendagri Tito Karnavian di kantor Kemendagri, Jakarta, diterima Wakil Walikota Asrul,  Selasa,  (19/11/2019).

Menurut Terawan,  Swasti Saba atau Kota Sehat merupakan penghargaan untuk Kota/Kabupaten Sehat di Indonesia. Penghargaan ini terbagi dalam tiga tingkat, yaitu pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara).

Tahun ini penghargaan diberikan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Walikota serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat.

Wakil Walikota Asrul ketika menerima  penghargaan ini didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang Nuryanuwar,  Plt.Kepala Bappeda Welda Yusar. Kepala Dinas Perkim LH Wita Desi Susanti serta perwakikan Forum Kota Sehat Kota Padang Panjang.

Nuryanuwar yang akrab disapa Pak Ujang mengatakan, Kota Padang Panjang telah meraih predikiat kota sehat nasional  sebanyak 7 kali bertutut turut : 
Tahun 2007  Prediikat SWASTISABA WIWERDA. Tahun 2009 Predikat  SWASTISABA WIWERDA. Tahun 2011 Predikat SWASTISABA WISTARA. Tahun 2013 Predikat  SWASTISABA WISTARA. Tahun 2015 Predikat SWASTISABA WISTARA. Tahun 2017 Predikat SWASTISABA WISTARA. Tahun 2019 Predikat SWASTISABA WISTARA.

Dijelaskan Pak Ujang, Kabupaten/kota sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah (lintas sektor) dengan masyarakat dalam mengatasi masalah – masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial kabupaten/kota.

Menurutnya, penghargaan yang diraih Padang Panjang untuk ketujuh kali ini di bidang kesehatan, bisa disebut lumayan prestisius dan merupakan apresiasi pemerintah pusat terhadap keberhasilan pembangunan di Kota Padang Panjang yang mendukung tercapainya kesejahteraan rakyat. 

"Tim verifikasi Pusat (Kemenkes RI dan Kemendagri RI) memverikasi kelayakan Kota Padang Panjang ) mendapatkan penghargaan melalui serangkaian kunjungan lapangan, tanya jawab ke masyarakat dan mendengarkan presentasi Forum Kota Sehat serta penelitian dokumen yang berkaitan dengan kebijakan," terang Pak Ujang. 

Disebutkan, tingkat kota dimotori oleh Forum Kota Sehat yang mensinergikan pembangunan agar berwawasan kesehatan. Di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat dan di Kelurahan oleh Forum Kelurahan Sehat.

(rel/ede)
 
Top