Sejumlah jurnalis di Padang sabar menunggu gubernur mengumumkan secara realtime Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat, Kamis (26/3/2020) sore.
f: ist
PADANG -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno akhirnya mengumumkan secara resmi kondisi pasien positif terpapar virus corona atau Covid-19 di provinsi yang ia pimpin. 

"Sampai pukul 16.30 WIB hari ini, dapat kami informasikan bahwa warga Sumatera Barat yang telah dinyatakan positif terkena Covid-19 adalah sebanyak 5 orang, dengan rincian 2 orang dari hasil Laboratorium Fakultas Kedokteran UNAND dan 3 orang dari hasil Laboratorium Litbang Kemenkes RI," ungkap Irwan Prayitno dalam konferensi pers di aula kantor Gubernur Sumbar, Padang, Kamis (26/3/2020).

BACA JUGA: Walikota Bukittinggi Umumkan Seorang Warganya Positif Covid-19

Sebelumnya disampaikan Irwan bahww pihak Litbangkes RI telah memberikan izin kepada pemerintah provinsi Sumatera Barat untuk mengumumkan kondisi pasien yang positif terpapar Covid-19 secara realtime.  

Lebih lanjut, ia menyampaikan, berdasarkan data, 5 pasien positif corona tersebut, 1 orang dari Padang, 1 dari Pesisir Selatan, 1 dari Tanah Datar dan 2 orang dari Bukittinggi.

Ditegaskan Irwan, saat ini seluruh pihak terkait telah mengambil langkah-langkah penting, diantaranya tracking ke belakang terhadap 5 orang yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut.

Lebih lanjut ditegaskan Gubernur Sumbar, dengan telah adanya izin Litbang Kemenkes terhadap Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand untuk bisa melakukan uji spesimen pemeriksaan swab, maka mulai hari ini (Kamis, 26/3/2020-red) dan selanjutnya seluruh masyarakat yang ODP, PDP serta suspect Covid-19, secara bertahap penanganannya akan dilakukan di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand.


Website resmi update Covid-19 Provinsi Sumatera Barat. 
Dengan adanya warga Sumbar yang telah dinyatakan positif Covid-19, maka gubernur mengimbau kepada masyarakat agar tetap jaga jarak (physical distanding), hindari kerumunan, rajin cuci tangan, apalagi sebelum memakan sesuatu, ganti pakaian jika telah di rumah, olahraga teratur dan upayakan berjemur di sinar matahari (sinar ultraviolet pukul 9 sd 11 pagi), sekira 10  sampai 15 menit. 

Kemudian, masyarakat diimbau menkonsumsi makanan sehat dan bergizi agar imunitas tubuh meningkat. Kalau badan kurang sehat, usahakan memakai masker dan jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. 

Khusus kepada perantau asal Sumbar dimana saja berada, ia kembali mengimbau agar menunda sementara untuk pulang kampung.

"Dari semua ikhtiar tersebut, tetaplah kita berserahdiri kepada Allah SWT dan mari saling bahu membahu agar penyebaran Covid-19 tidak merebak lebih banyak lagi," serunya. 

Pada kesempatan ini, gubernur beserta seluruh jajaran Pemprov Sumbar sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih yang tulus kepada semua unsur masyarakat, yang dengan segala potensinya mencurahkan energinya demi masyarakat Sumbar. 

"Semoga apa yang dilakukan dapat pahala dari Allah SWT," tutup Irwan Prayitno.

(rel/ede)


 
Top