MERAUKE, PAPUA -- Dramatis dan penuh perjuangan, Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad, bersama dengan Bidan Puskesmas Ulilin membantu proses persalinan Ibu Eni (21) warga Muting 5, Distrik Muting, yang melahirkan di Pos Barki saat sedang perjalanan di rujuk menuju ke RSUD Merauke.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Minggu (22/3/2020).  

“Kejadian tepatnya pada hari Sabtu (21/3/2020) pukul 14.05 WIT saat ambulans Puskesmas Ulilin mengevakuasi pasien akan melahirkan dirujuk ke RSUD Merauke melintas di Jalan Poros Trans Papua Km 175, kemudian berhenti didepan Pos Barki dikarenakan sang ibu sudah tidak kuat lagi untuk segera melahirkan,” ungkapnya.

Selanjutnya Bidan yang membawa pasien meminta bantuan kepada personel TNI yang sedang berjaga. Setelah dilaporkan kepada Danki B Satgas (Danpos Barki) Lettu Inf Lukman Nurhuda, S.T. Han., diperintahkan Tim Kesehatan Pos Barki segera membawa pasien menuju ruang kesehatan pos.  

“Tepat pukul 14.55 WIT, tangis kebahagian bercampur aduk menjadi satu, saat bayi mungil berjenis kelamin perempuan dengan berat badan 2,9 kg dan panjangy 48,3 cm dilahirkan secara normal dan sehat,” kata Mayor Inf Rizky Aditya.

Proses persalinan dilaksanakan di ruang Kesehatan Pos Barki, yang terbilang sederhana dapat berjalan dengan normal dan lancar, dua orang Bidan Puskemas Ulilin Ibu Devi Liana dan Ibu Seo Ambo bersama Bintara Kesehatan (Bakes) Serda Rizky Surya Bagaskara dan Tamtama Kesehatan (Takes) Pratu Candra Agus Ritanto turut membantu persalinan Ibu Eni.

Dansatgas mengatakan bahwa kesigapan yang dilakukan prajurit TNI merupakan implementasi dari komitmen kami (satgas) sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan, serta dapat bersinergi dengan semua instansi dalam membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat di perbatasan RI-PNG.

Bidan Devi Liana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Pos Barki, yang telah mengijinkan dan memfasilitasi tempat sekaligus membantu persalinan pasien Puskesmas Ulilin yang akan dirujuk ke RSUD Merauke dengan lancar dan normal.

Bapak Madi (33) yang merupakan suami dari Ibu Eni menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak-bapak TNI yang telah membantu kelancaran proses persalinan istri tercintanya. 

“Saya sangat bahagia sekali atas kelahiran putri kedua saya ini, terima kasih banyak Bapak-bapak TNI yang dengan sigap langsung membantu proses persalinan istri saya,” ucapnya.

Autentikasi: Pasi Intel Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad, Lettu Inf Asep Saepudin, ST. Han.



 
Top