JAKARTA -- Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap pemerintah Indonesia lakukan langkah yang cepat dan tepat terkait kemunculan strain Covid-19 baru. Virus jenis baru tersebut muncul dan merebak di Inggris.

“Di Inggris muncul strain Covid-19 baru, yg lebih mudah & cepat menyebar. Pandemi Spanish Flu 1918, penyebaran virusnya juga cepat & mematikan; telan korban jiwa 50jt lebih. Saya berharap pemerintah lakukan langkah yg cepat & tepat utk selamatkan kita dari Covid-19 baru ini,” tulis SBY, mengingatkan lewat akun twitternya pada Senin 21 Desember 2020.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak anggotanya di Eropa untuk meningkatkan tindakan waspada melawan virus Corona (COVID-19). Hal itu perlu dilakukan untuk membendung laju jenis baru virus tersebut yang beredar di Inggris.

Selain di Inggris, sebanyak sembilan kasus virus jenis baru ditemukan di Denmark. Tak hanya itu, ada di Belanda dan Australia yang juga ditemukan masing-masing satu kasus virus jenis baru.

“Di seluruh Eropa, di mana penularannya intens dan meluas, negara-negara perlu melipatgandakan kontrol dan pendekatan pencegahan mereka,” kata juru bicara WHO Eropa seperti dilansir dari AFP, Senin (21/12/2020).

PBB turut mendesak anggotanya di seluruh dunia untuk meningkatkan virus SARS-CoV-2. Menurutnya, jika memungkinkan dan berbagi data urutan internasional untuk melaporkan jika ditemukan mutasi yang sama.

Beberapa negara di Eropa pada Minggu (20/12) memutuskan untuk menunda semua penerbangan dari Inggris setelah penemuan virus jenis baru yang ‘di luar kendali’. WHO mencatat tanda-tanda awal bahwa virus jenis baru itu mungkin dapat menyebar lebih mudah terhadap orang-orang.

“Dan informasi awal bahwa varian tersebut dapat mempengaruhi kinerja beberapa tes diagnostik (tes),” katanya.

Juru bicara WHO Eropa itu memang tidak memiliki bukti untuk menunjukkan adanya perubahan dalam tingkat keparahan penyakit. Tetapi, hal itu juga memang sedang diselidiki.

Sementara itu, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) mengatakan peredaran yang sedang berlangsung dari virus jenis baru ini di luar Inggris tidak dapat dikecualikan. Dia menyarankan agar orang-orang yang memiliki riwayat perjalanan ke daerah yang ada kasus virus jenis baru untuk segera melakukan tes, dan isolasi.

“Harus segera diidentifikasi untuk menguji, mengisolasi dan menindaklanjuti kontak mereka untuk menghentikan penyebaran varian baru,” katanya.

Pekan lalu, Eropa menjadi kawasan pertama di dunia yang melewati 500.000 kematian akibat Corona. Sejak pandemi setahun lalu, virus Corona telah menewaskan lebih dari 1,6 juta orang di seluruh dunia dan membuat ekonomi global bergejolak. belum tuntas penanganan covid-19, sudah muncul lagi varian barudan baru menyerang kawasan negara eropa.

Sumber: persmerdeka


 
Top