JAKARTA -- Puncak peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia (HAB Kemenag RI) ke- 75 Tahun akan dirayakan pada 3 Januari 2021 mendatang. Menjelang dipergunakan secara resmi pada hari "H", Kemenag RI merilis tema dan logo HAB tersebut.

Seperti dilansir www.sumatrazone.co.id dari laman www kemenag.go.id perilisan tema dan logo ini disosialisasikan dengan Surat Edaran Nomor 59 Tahun 2020 tertanggal 18 Desember 2020.

Hari Amal Bakti Kemenag diperingati setiap tanggal 3 Januari. Tanggal tersebut mengacu pada saat Presiden Soekarno mengumumkan pembentukan Kementerian Agama, tepatnya pada tanggal 3 Januari 1946 (29 Muharram 1365 H). 

Adalah Haji Mohammad Rasjidi yang saat itu kemudian diangkat oleh Presiden Soekarno sebagai Menteri Agama RI Pertama. Sebelumnya, jabatan yang ada adalah Menteri Negara Urusan Agama Islam.

Tema dan Logo HAB Ke-75 Kemenag RI

Dikutip dari Surat Edaran Kemenag, HAB Kemenag RI ke-75 Tahun 2021 ini, mengangkat tema "Indonesia Rukun".

Selengkapnya logo HAB ke-75 Kemenag Tahun 2021 adalah sebagai berikut: 


Logonya berupa angka 75 berwarna merah muda dan hijau emerald, di bagian tengah. Di bawahnya terdapat tulisan Hari Amal Bakti Kemenag 2021, tersusun dua baris, berwarna hitam. Di kanan kiri terdapat gambar enam sayap berwarna-warni, masing-masing berbulu lima helai.

Kelima warna sayap tersebut antara lain orange (#ff6600), biru  cornflower (#3d3d66), hijau lime (#00ff00), ungu heliotrope (#9966ff), kuning sunglow (#ffba30), dan merah muda (rose, #ff0066).

Di bawah logo tertera tulisan tema HAB Kemenag, INDONESIA RUKUN, berwarna hitam.

Dalam rilis tema dan logo tersebut tidak disertakan deskripsi makna dan arti logo Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke-75. Namun tampaknya, keenam gambar menyerupai sayap berwarna berbeda tersebut melambangkan keenam agama yang resmi diakui di Indonesia. 

Susunannya yang simetris mengerucut ke atas melambangkan semangat untuk mewujudkan Indonesia yang rukun, sesuai dengan tema peringatan tahun ini.

(bin/oel)



 
Top