INVESTASI BODONG, kasus yang belakangan kerap menelan korban. Secara definisi, investasi bodong adalah bentuk investasi yang tidak memiliki izin dan skema jelas. Apabila ingin berinvestasi, kita perlu hati-hati dan cermat agar tidak menjadi korban penipuan dari investasi ilegal tersebut.

Investasi yang baik adalah investasi pada instrumen investasi yang jelas dan pada tempat yang jelas. Bagi yang ingin berinvestasi, tidak perlu takut, sebab ada cara untuk menghindari investasi bodong tersebut. Berikut adalah tips-tips menghindari penipuan dalam berinvestasi:

Pastikan Kejelasan Izin

Untuk menghimpun dana dari masyarakat terutama dalam skala yang sangat besar, perusahaan investasi perlu izin khusus dari pemerintah. Apabila perusahaan investasi tidak terdaftar dan tidak memiliki izin dari Obligasi Jasa Keuangan (OJK) , sebaiknya menghindari untuk berinvestasi disana.

Apabila perusahaan tersebut menawarkan investasi berjangka atau komoditi maka bisa mengecek izinnya di BAPPEBTI. Jika perusahaan investasi tersebut tidak terdaftar dan tidak memiliki izin, sebaiknya tidak menginvestasikan uang di perusahaan tersebut.

Pastikan Return Investasi Wajar

Dalam berinvestasi, semakin tinggi return yang ditawarkan, maka risikonya juga semakin tinggi. Apabila perusahaan investasi menawarkan return yang sangat tinggi, sebaiknya kita waspada pada perusahaan investasi tersebut.

Ada dua jenis skema dalam penawaran investasi bodong. Pertama adalah skema piramida, dimana investor pertama diwajibkan untuk menyetor dana kepada orang yang merekrut sebagai anggota baru dan investor kedua juga punya kewajiban merekrut anggota baru yang pada akhirnya juga menyetorkan uang kepada investor pertama dan seterusnya.

Kedua adalah skema ponzi, dimana calon investor dijanjikan keuntungan fantastis. Teknik pembagian uangnya adalah sebagian uang yang disetorkan investor akan digunakan untuk membayar keuntungan yang dijanjikan kepada investor lain.

Cek Rekam Jejak Perusahaan

Kalian harus melihat rekam jejak perusahaan investasi untuk menghindari kerugian. Dengan hadirnya internet dapat memudahkan kita untuk mengecek rekam jejak perusahaan. Bisa dengan melakukan penelusuran lewat google mengenai testimonial investor yang sudah pernah investasi di perusahaan investasi tersebut.

Pelajari Perusahaan dalam Mengelola Dana Investasi

Apabila ingin memulai investasi, setidaknya kita harus mempelajari lebih dalam bagaimana perusahaan investasi tersebut mengelola dana investasinya. Bila perusahaan investasi tersebut menutupi pengelolaan dana investasinya, nah kita patut curiga pada perusahaan investasi tersebut.

Selidiki Informasi Perusahaan dari berbagai Sumber

Kita dapat menyelidiki informasi seputar perusahaan investasi di situs yang memberikan informasi mengenai investasi, forum-forum seputar investasi dan media sosial yang membahas seputar investasi. Pencarian informasi ini penting untuk menilai perusahaan investasi itu baik atau buruk.

Jangan FOMO

FOMO atau Fear Of Missing Out merupakan istilah investor yang takut kehilangan momen meraih keuntungan yang belum jelas pastinya. Jangan terbawa arus dengan mengikuti apa kata orang lain. Bila ingin berinvestasi, lebih baik kita pelajari produk investasi tersebut lebih dalam agar tidak terjebak oleh tren produk investasi orang-orang di sekitar kita.

Pastikan Mempunyai Rencana Investasi yang Jelas

Agar terhindar dari investasi bodong, kita harus memiliki rencana investasi yang jelas terlebih dahulu. Rencana investasi yang baik adalah investasi yang memiliki tujuan keuangan yang jelas, instrumen investasi yang jelas dan instrumen investasi harus sesuai profil risiko. Apabila kita sudah memiliki rencana investasi yang jelas, so tidak akan mudah tergiur dengan investasi bodong.

Kenyataannya, investasi bukanlah cara untuk kaya mendadak, melainkan untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung melalui berbagai jenis instrumen investasi agar nilai dari aset yang dimiliki tetap terjaga. Pernyataan ini dimanfaatkan berbagai oknum untuk melakukan tindak kejahatan dengan menjebak kita dalam investasi berkedok keuntungan besar. 

#suara





 
Top