BANJARMASIN -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P memimpin rapat intern Virtual dengan Gugus Tugas (Gugas) Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan melalui Video Coference (Vicon) bersama segenap pejabat daerah Provinsi Kalimantan Selatan di Aula Idham Chalid Banjarmasin, Kamis, (23/07/2020).

Dalam sambutannya, Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih atas laporan Gubernur Kalsel Bapak H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. yang menjelaskan adanya trend penurunan Case Fatality Rate di Kalsel, yang saat ini berada di angka 5,06%.

Panglima TNI menyambut baik Gugus Tugas mengambil langkah-langkah inovatif yang sejalan dengan Direktif Presiden RI Jokowi untuk menerapkan intervensi berbasis lokal. Adanya Kampung Tangguh Banua oleh masyarakat menjadi indikator meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Saat ini telah dibentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang ditetapkan melalui Perpres 82 Tahun 2020. Kebijakan strategis ini menjadi upaya extra ordinary untuk menghadapi krisis kesehatan dan bayang-bayang resesi atau krisis ekonomi akibat pandemic Covid-19.

Dikatakan oleh Panglima TNI bahwa Satgas Penanganan Covid-19 daerah harus benar-benar membangun sinergi dengan Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional untuk bersama-sama menjaga agar masyarakat tetap produktif, sehat dan aman dari Covid-19, karena kesehatan masyarakat menjadi modal utama untuk kembali menggerakan roda perekonomian.

Untuk itu, para pejabat-pejabat di Kabupaten/Kota, para Bupati, Dandim, Kapolres, Kepala Desa, Danramil, Kapolsek agar selalu mengajak tokoh masyarakat menegakan disiplin menerapkan protokol dan mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan dalam setiap interaksi sosial kemasyarakatan.

Sejalan dengan moto yang disampaikan Bapak Gubernur, “Bergerak Bersama Menjaga Banua”, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengajak seluruh aparatur negara yang terlibat dalam penanganan pandemi ini untuk bergerak bersama seluruh elemen masyarakat beserta seluruh satuan kewilayahan TNI dan Polri beserta jajarannya di Kalsel, saling sinergi dan berkolaborasi untuk bersama-sama melakukan upaya extra ordinary sebagaimana telah diarahkan Presiden RI Jokowi.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito, Irwasum Polri Komjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Asops Kapolri, Pangdam VI/Mulawarman, Kapolda Kalimantan Selatan, Ketua DPRD Kalsel, serta segenap pejabat TNI-Polri dan Pemerintah setempat.

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI, Letkol Sus Aidil
 
Top