MANADO -- Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J "Sam" Ratulangi, Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado Kolonel Pnb Abram R.A. Tumanduk, S.Sos menjadi prioritas pertamanya setelah menjabat Danlanud Sam Ratulangi Manado, Rabu (15/07/2020).

Pada kegiatan tersebut, Danlanud Sam Ratulangi didampingi oleh Kadispers Lanud Sam Ratulangi Letkol Adm Kubais Baraham S.pd., dan Kadislog Lanud Sam Ratulangi Letkol Kal Taufan Subijantoro.

Dalam penuturannya, Kolonel Pnb Abram Tumanduk sangat mengidolakan Pahlawan Nasional yang asli Minahasa ini. Dr. G.S.S.J "Sam" Ratulangi adalah salah satu pendiri Persatuan Cendekiwan Indonesia (Vereniging van Indonesische Academici) pada tahun 1932, yang merupakan Gubernur Sulawesi pertama dan termasuk anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang menghasilkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. DR. Sam Ratulangi juga adalah salah satu Pahlawan yang ikut merumuskan Pancasila.

“Filosofi Si Tou Timou Tumou Tou yang terkenal luas oleh masyarakat Minahasa dicetuskan oleh Pahlawan Nasional Ratulangi. Filosofi ini memiliki makna yang sangat dalam bagi masyarakat Tanah Minahasa,” ungkap Danlanud.

Ditambahkan oleh Kolonel Pnb Abram Tumanduk bahwa dalam bahasa leluhur suku Minahasa, tou adalah manusia. Jadi artinya adalah Manusia Hidup Untuk Menghidupkan Manusia Lainnya. “Ini berarti, keberadaan kita adalah untuk menjadi bermakna dan bermanfaat bagi keluarga, satuan serta bangsa dan Negara,” katanya. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa manusia harus dapat saling mengerti, saling memahami, dan menghidupkan serta memanusiakan sesama manusia lainnya. “Hal ini menjadi motivasi bagi orang Minahasa, khususnya bagi saya pribadi. Itulah sebabnya saat menjabat Komandan Lanud Sam Ratulangi yang baru, saya berkeinginan untuk berziarah kesini,” ujarnya.

Pahlawan Sam Ratulangi adalah contoh dari sifat rela berkorban demi Nusa dan bangsa, demi memanusiakan manusia yang lainnya pada masa penjajahan. 

Turut mengikuti kegiatan ziarah ini, Dansatpom Lanud Sam Ratulangi Mayor Pom Andi Irawan S.E., Kasikamhanlan Lanud Sam Ratulangi Mayor Pom Binyamin Sirait, dan Karumkit Lanud Sam Ratulangi Kapten Kes Ahmad Fauzi,.

Pada kesempatan yang sama, Danlanud Sam Ratulangi selanjutnya melaksanakan peninjauan Landasan Pacu Kalawiran dan Tasuka yang berada di wilayah Kecamatan Kakas,  Minahasa. Sekaligus memeriksa Pos Jaga, serta aset lahan TNI AU yang luasnya kurang lebih 25 Hektar. Turut mendampingi, Danru Satuan Tugas Pos Aset Kalawiran Serka Witri Santoso.

Autentikasi: Kapentak Lanud Sam Ratulangi (Sri) Manado, Mayor Sus Michiko Moningkey, S.Sos.




 
Top