JAKARTA -- Dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiatan Reuni Perak 25 tahun pengabdian Alumni Akabri 1995 kepada bangsa dan negara, rombongan Alumni Akabri 1995 sebanyak 21 Perwira AD, AL, AU dan Polri dipimpin Kolonel Inf Agus Widodo berkunjung ke Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah.  

Para Perwira tersebut diterima Wagub Akmil Brigjen TNI Agit Thomas mewakili Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurrahman beserta  para Pejabat Utama Akmil, bertempat di Ruang Sudirman, Gedung Main Hall.

Wagub Akmil mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilaksanakan dan mengharapkan ikatan silaturahmi yang ada antara perwira Alumni Akabri 95 dengan Almamaternya tetap dipertahankan sampai kapan dan dalam kondisi apa pun.  

Wagub Akmil juga berharap kunjungan dan silaturahmi ini dapat memberikan nilai, kesan dan kenangan yang baik bagi para Taruna terhadap Seniornya.

Ketua rombongan Kolonel Inf Agus Widodo menyampaikan bahwa kehadiran Alumni Akabri 1995 ke Akademi Militer adalah dalam rangka momentum rangkaian memperingati 25 Tahun Pengabdian Akabri 1995 yang pada tahun ini dilaksanakan dalam suasana berbeda. 

Karena pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia, konsep reuni yang rencana awal dilaksanakan terpusat di Akmil Magelang pada 29-31 Agustus 2020, dirubah menjadi kegiatan tersebar berbentuk bhakti sosial di 40 wilayah baik dalam dan luar negeri sepanjang bulan Juli 2020.

Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2020 dengan bentuk Reuni Virtual. Selain itu ketua rombongan juga menyampaikan maksud untuk menyerahkan bhakti almamater baik kepada lembaga Akademi Militer, Resimen Taruna dan juga Resimen Chandradimuka dimana dahulu 25 tahun yang lalu mereka digodok bersama-sama.

Kunjungan dilanjutkan dengan kegiatan upacara sederhana pengucapan Ikrar di Puncak Bukit Tidar oleh rombongan perwakilan Alumni Akabri 1995 didampingi oleh 50 orang Perwakilan Taruna Akmil. 

Acara Ikrar dilaksanakan dengan tujuan untuk mengingatkan para Alumni akan janji suci dan tekad mulia saat pertama kali di tempa di tempat ini serta lebih memperkokoh semangat perjuangan, kebersamaan, persatuan dalam sisa pengabdian.

Pada kesempatan ini juga, rombongan menyerahkan bhakti almamater  berupa 1 unit Minibus Isuzu VIP sebagai Mobil Operasional Taruna yang secara simbolis diterima oleh Wagub Akmil. 

Selanjutnya kepada 5 orang mantan Pengasuh dan 120 orang Petugas Rukan Akmil dan Honorer juga diserahkan tali asih dan cindera mata sebagai wujud rasa terima kasih atas jasa-jasa yang sudah mereka berikan kepada para Alumni Akabri 1995 dulu.

Rombongan mendapatkan apresiasi dari seluruh Civitas Akademika atas kontribusi positif dalam penugasan masing-masing serta ucapan terimakasih atas bhakti almamater yang pasti akan sangat berguna untuk adik-adik Capratar dan Taruna.

Acara dilanjutkan dengan peresmian dimulainya pengeboran Sumur Artesis di Desa Ngadirejo, Salaman, Magelang, dimana Taruna sering melaksanakan latihan. Satu sumur yang lain juga akan dibangun di Lombok NTB, tempat dulu Alumni Akabri 95 melaksanakan Latihan Integrasi Taruna Dewasa (Latsitarda). Sumur di kedua tempat ini akan dibor sampai melewati kedalaman 100 meter.

Bersamaan dengan itu turut dibagikan 300 paket sembako kepada masyarakat di beberapa wilayah Magelang yang secara simbolis dilaksanakan di kantor Kelurahan Magersari. Hadir pada acara tersebut Camat dan Kapolsek Salaman, Kasdim Kabupaten Magelang dan masyarakat penerima bantuan. 

Camat Salaman dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian Alumni Akabri 95 kepada masyarakat Magersari. Semoga kegiatan ini menjadi berkah bagi akabri 95 dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Autentikasi: Tim Publikasi Panpus Akabri 1995, Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P., M.M
 
Top