JAKARTA -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P., didampingi  Asisten Intelijen Mayjen TNI Anjar Wiratma dan Asisten Operasi Mayjen TNI Tiopan Aritonang, melaksanakan video teleconference dengan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Singapura Jenderal Melvyn Ong membahas latihan dan kerja sama militer kedua negara, bertempat di Gedung Persada Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (23/7/2020).

Mengawali pertemuan yang digelar secara virtual tersebut, Panglima TNI mengucapkan selamat kepada Chief of Defence Force Singapura Jenderal Melvyn Ong dan seluruh anggota Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) dalam rangka Hari Jadi SAF yang ke-55 pada tanggal 1 Juli 2020. Semoga Angkatan Bersenjata Singapura menjadi kebanggaan negara, bangsa dan rakyat Singapura.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pemerintah Singapura, Singapore Armed Force (SAF), dan Temasek Foundation yang telah memberikan bantuan berupa  dukungan alat kesehatan berupa surgical mask, hand sanitizer dan test kits untuk TNI-Polri.

Panglima TNI menyampaikan bahwa untuk menghadapi ragam spektrum tantangan saat ini dan di masa depan, kerja sama dan saling percaya menjadi kunci keberhasilan. Sebagaimana telah menjadi perhatian pemimpin kedua negara, SAF dan TNI juga perlu meningkatkan kerja sama yang telah terjalin selama ini. Kerja sama pertahanan merupakan salah satu pilar penting dalam hubungan bilateral Indonesia-Singapura. Oleh karena itu, latihan dan kerja sama serta  persahabatan SAF-TNI harus terus dijaga.

Selain membahas latihan dan kerja sama militer kedua angkatan bersenjata, dalam pertemuan tersebut juga dibahas terkait peran  dan kontribusi militer dalam penanganan Covid-19 di masing-masing negara.  Komunikasi yang terus dijalin antara SAF dan TNI, baik terkait penanganan pandemi Covid-19, maupun dalam bidang kontra terorisme dan keamanan maritim agar dapat terus ditingkatkan. 

Panglima TNI menjelaskan bahwa di tengah-tengah situasi pendemi Covid-19, TNI dan SAF harus menyusun solusi terbaik dalam mencari bentuk kegiatan kerja sama dengan tetap mengikuti regulasi protokol kesehatan yang berlaku.

Pangab Singapura Jenderal Melvyn Ong menyambut baik latihan dan kerja sama antara TNI dengan SAF yang telah berjalan dengan baik selama ini agar dapat ditingkatkan. Setelah pandemi Covid-19 berakhir, latihan dan kerja sama tersebut diharapkan dapat dilaksanakan sesuai rencana. 

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI, Letkol Sus Aidil
 
Top