PADANG -- Dalam upaya menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif, sejatinya diperlukan jumlah anggota Polri yang sebanding dengan jumlah masyarakat atau 1:300. Dengan pengertian, 1 (satu) polisi memberikan pelayanan maksimal kepada 300 masyarakat. 

Namun, jumlah ideal tersebut sampai sekarang masih belum terpenuhi, sehingga untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif tersebut masih diperlukan peran serta masyarakat. 

Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Harmanto, berharap, terbentuknya Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas) Provinsi Sumbar dapat memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat, terutama dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memahami, mengindentifikasi akar masalah dan pemecahan masalah melalui Alternative Dispute Resolution (ADR) dengan mengedepankan kearifan lokal.

"Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang permasalahan kamtibmas mulai dari potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata serta sosialisasi tentang peraturan perundang - undangan lainnya," ujarnya ketika mengukuhkan kepengurusan Pokdar Kamtibmas Sumbar, di ballroom salah satu hotel berbintang empat di Padang, Rabu (29/7/2020) pagi.

Dengan telah terbentuknya Pokdar Kamtibmas tingkat provinsi, Kapolda Sumbar memerintahkan kepada para Kapolres sejajaran Polda Sumbar untuk segera mengukuhkan Pokdar Kamtibmas tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan/Nagari bersama Bupati/Walikota dan seluruh unsur Forkopimda Kabupaten/Kota dan melaporkan hasilnya pada kesempatan pertama.

Kemudian, kepada Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) selaku Pembina Pokdar Kamtibmas dan para direktur fungsi operasional untuk memberikan arahan kepada anggota Pokdar Kamtibmas tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota sehingga dapat memahami tugas pokok, fungsi dan peran serta prinsip-prinsip Pokdar Kamtibmas, termasuk kewajiban maupun larangan selaku anggota Pokdar Kamtibmas.

"Berikan materi cara penyelesaian masalah dan pembinaan penyuluhan kepada masyarakat secara berjenjang," imbaunya.

Kapolda menekankan, kegiatan Pokdar Kamtibmas adalah kegiatan yang sangat mulia dan bernilai ibadah. Jangan nodai dengan kepentingan-kepentingan pribadi atau kelompok serta mengharapkan imbalan-imbalan yang sifatnya materi. 

"Memelihara keamanan, kenyamanan dan kedamaian di masyarakat adalah perintah Tuhan kepada kita semua selaku khalifahnya di muka bumi. Mari kita laksanakan tugas mulia ini dengan sepenuh hati, semangat dan dedikasi tinggi dengan dilandasi niat yang tulus dan ikhlas serta pegang teguh slogan Pokdar Kamtibmas Daerah Sumatera Barat yaitu “Elok-elok Sajo," imbaunya lagi.

Sumber: Bidhumas Polda Sumbar
 
Top