PERUSAHAAN Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang terus menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat. Dalam momen perayaan Idul Adha tahun ini, perusahaan tersebut menyalurkan sebanyak 37 ekor hewan kurban untuk warga sekitar sumber air.

“Alhamdulillah, kita melihat peningkatan ini (jumlah hewan kurban-red) sebagai cerminan dari kesadaran seluruh jajaran direksi dan seluruh karyawan Perusda Air Minum Kota Padang untuk beramal dan kepedulian sosial,” ungkap Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat penyerahan hewan kurban secara simbo-
lis di kantor pusat Perumda Air
Minum Kota Padang, Rabu (29/7/2020).

Dikatakannya, berkurban bagi karyawan Perumda itu juga suatu bentuk kepedulian sosial. Terutama terhadap masyarakat yang ada di kawasan sumber air, tentu akan sangat berarti.


“Hewan kurban yang didistribusikan ke masjid dan mushala sekitar sumber air akan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” imbuh Mahyeldi.


Lebih lanjut, Walikota Padang menyebut,
Perumda Air Minum Kota Padang harus terus meningkatkan pelayanan. Selain menambah jaringan baru juga harus meningkatkan kualitas air yang siap diminum.

“Sesuai harapan kita, Perumda Air Minum harus mampu memberikan pelayanan air siap minum dan menambah jaringan baru,” katanya.

Untuk penambahan jaringanbyang bisa menjangkau seluruh kawasan Kota Padang serta memperbaiki jaringan lama yang sudah tidak layak, membutuhkan anggaran Rp1 triliun.

“Kita butuh anggaran tidak kurang dari Rp1 triliun untuk mengganti jaringan lama dan menambah jaringan baru. Itu bisa dilakukan secara bertahap," tukas Mahyeldi.


Penyerahan simbolis sapi kurban oleh Dirut Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal
Cicilan Karyawan 
Sementara itu, Direktur Utama Perumda
Air Minum Kota Padang Hendra Pebrizal mengatakan, pada Hari Raya Idul Adha 1441 H ini seluruh karyawan kembali menyisihkan penghasilannya untuk kurban. Ditambah dengan CSR perusahaan, sehingga mendapatkan sebanyak 37 ekor sapi.


“Kurban dari karyawan ditambah CSR, Alhamdulillah, kita bisa berkurban sebanyak 37 ekor sapi,” ujarnya.

Jumlah tersebut berasal dari peserta karyawan/karyawati Perumda Air Minum Kota Padang.


Kali ini, sekitar 207 orang ikut serta dalam berkurban pada Hari Raya Idul Adha 2020.

 “Itu bantuan sapi kurban mereka (karyawan/karyawati-red) cicil melalui pemotongan gaji secara kolektif setiap bulan sebesar Rp200 ribu. Jadi satu tahun terkumpul Rp1,4 juta x 7, maka dapatlah satu ekor sapi,” terangnya.


Penyerahan simbolis sapi kurban oleh Wakil Walikota Padang, Hendri Septa
Selain dari karyawan, papar Hendra, sapi kurban ini juga berasal dari bantuan 18 mitra kerja Perumda Air Minum, serta CSR Perumda Air Minum. Jika dibandingkan tahun lalu, kurban tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 10 ekor sapi, dengan total menjadi 37 ekor sapi.


“Alhamdulillah tahun ini kita menyerahkan 37 ekor sapi, meningkat 10 ekor. Jika dibandingkan tahun sebelumnya hanya 27 ekor sapi, dan kambing sebanyak 28
ekor, meningkat 10 ekor. Karena
tahun lalu hanya 18 ekor. Jika diuangkan nilainya sekitar Rp640 juta,” ujar Hendra.

Penyerahan hewan kurban kali ini terlihat istimewa, karena unsur pimpinan Pemko Padang lengkap hadir. Selain walikota, hadir Wakil Walikota Padang Hendri Septa, Sekdako Padang Amasrul dan Kabag Prokopim Pemko Padang, Amrizal Rengganis. 


Penyerahan simbolis sapi kurban oleh anggota DPRD Kota Padang, Azwar Siri
***
 
Top