SINGKAWANG, KALBAR -- Alumni AKABRI 1995 menggelar beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka AKABRI 1995 Silver Reunion. Salah satunya adalah aksi donor darah yang diselenggarakan di Rindam XII/Tpr sebagai pusat AKABRI 1995 Silver Reunion wilayah Kalimantan Barat, Jumat (24/7/2020).

Aksi donor darah tersebut dilaksanakan secara serentak di tiga tempat yaitu, Laboratorium Bahasa, Aula Sudirman dan Gedung Olahraga Serbaguna Bela Negara Rindam XII/Tpr. Donor darah tersebut melibatkan Unit Donor Darah PMI Kalimantan Barat dan diikuti oleh Alumni AKABRI 1995 4 matra yang bertugas di wilayah Kalimantan Barat, Prajurit Rindam XII/Tpr dan Persit KCK Cabang X Rindam PD XII/Tpr. 

Komandan Rindam XII/Tpr, Kolonel Inf Agus Widodo, S.I.P., selaku Ketua Umum AKABRI 1995 Silver Reunion juga mendonorkan darahnya serta meninjau langsung acara yang juga dihadiri oleh Alumni AKABRI 1995 wilayah Kalimantan Barat, Walikota Singkawang, Ketua UDD PMI Kalimantan Barat dan tamu undangan lainnya.

Komandan Rindam XII/Tpr menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan AKABRI 1995 Silver Reunion seharusnya secara terpusat dilaksanakan di Akademi Militer di Magelang, dikarenakan negara mengalami pandemi Covid-19 sejak bulan Maret lalu. "kita memutuskan acara dialihkan menjadi reuni virtual dan rangkaian bakti sosial pengabdian masyarakat," tuturnya.

"Ada 40 wilayah pelaksanaan rangkaian kegiatan ini. Untuk donor darah ini kita targetkan 5.000 kantong darah. Untuk donor darah di Singkawang, kita berhasil mengumpulkan 500 kantong darah. Kita juga melaksanakan kegiatan pembagian sembako kepada masyarakat terdampak Covid dengan target 27.795 paket, angka yg sama dengan tanggal kelahiran AKABRI 1995. Meskipun dalam pelaksanaannya sudah melebihi target, tapi jumlah target yang kami tentukan tersebut mempunyai makna penting bagi kami," tambah Komandan Rindam XII/Tpr.

Selain kegiatan tersebut, Alumni AKABRI 1995 juga melaksanakan bakti kemasyarakatan seperti pembuatan sumur artesis, penyerahan bhakti almamater, santunan kepada Warakawuri, pemberian tali asih kepada mantan pengasuh Alumni AKABRI 1995 dan lainnya. 

Sementara itu, Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, S.E., M.H., menyampaikan, acara AKABRI 1995 Silver Reunion yang diselenggarakan di kota Singkawang ini merupakan suatu kehormatan bagi masayarakat kota Singkawang. 

Sedangkan Ketua UDD PMI Kalimantan Barat menyampaikan, apresiasi atas kegiatan ini, dimana kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Kalimantan Barat. 

"Kegiatan ini sangat membantu PMI dalam penyediaan stok darah di PMI Kalimantan Barat khususnya dimasa pandemi Covid-19 ini", ungkapnya.

Autentikasi: Tim Publikasi Panpus Akabri 1995, Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P., M.M
 
Top