SIKAKAP, SUMBAR - Mengawali tugas sebagai Komandan Kodim 0319/Mentawai, Letkol. Czi. Bagus Mardyanto melaksanakan kunjungan di Koramil 04/Sikakap sekaligus melihat kondisi fasilitas mess para prajurit.

“Dari empat Koramil di tiga pulau besar Mentawai, yang belum dikunjungi tinggal Koramil Siberut. Dalam waktu dekat ini kita lakukan kunjungan ke sana,” kata Dandim 0319/Mentawai, Letkol. Czi. Bagus Mardyanto kepada awak media, Kamis (30/1/ 2020).

Baca Juga: Kodim 0319/ Mentawai Tanam Akar Wangi Cegah Longsor

Lebih lanjut ia menjelaskan, kunjungan ke jajaran Koramil ini merupakan upaya untuk mengetahui situasi dan kondisi secara nyata di lapangan. Mengawali tugas sebagai Dandim tentu perlu mengetahui daerah yang menjadi tugas dan tanggungjawab.

Disamping itu, kunjungan ini dimaksudkan agar para anggota yang berada di jajaran Koramil bisa mengenal lebih dekat dengan pimpinan satuannya serta dapat berkoordinasi dengan baik dalam melaksanakan tugas.

Setelah bersilaturahmi dengan jajarannya di Markas Koramil 04/Sikakap, Dandim 0319/Mentawai langsung ke lokasi mess untuk meninjau penginapan yang sudah berusia sudah cukup lama. Kepada Danramil, ia berpesan agar menyiapkan perencanaan untuk bisa diajukan anggarannya.

Selain itu, Bagus Mardyanto juga berpesan, kehadiran Bintara Pembina Desa (Babinsa) di masyarakat dapat menciptakan rasa aman dan nyaman. Sebagai ujung tombak di satuan kewilayahan, Babinsa diharapkan senantiasa dekat dengan warga dan sigap membantu kesulitan warganya.

“Ciptakanlah rasa nyaman di lingkungan dan di wilayah binaan masing-masing Babinsa,” pinta Dandim.

Baca Juga: Tempati Rumah Dinas Baru, Dandim 0319/Mentawai Syukuran ...

Dikatakan, Babinsa harus dapat melakukan deteksi dini terhadap kelompok-kelompok yang dianggap membahayakan kedaulatan NKRI. Sebagai mata dan telinga satuan kewilayahan Babinsa diharapkan mengerti akan tugas dan fungsinya, sehingga tugas dan tanggungjawab dapat dilaksanakan dengan baik serta bisa diterima oleh masyarakat.

“Laksanakan tugas dengan semangat, penuh rasa tanggungjawab dan selalu menghindari pelanggaran sekecil apapun” tekan Bagus Mardyanto.

Selama dua hari di Sikakap, Dandim 0319/Mentawai juga mengunjungi lokasi wisata air terjun Simalelet bersama Bupati Mentawai, dilanjutkan peninjauan lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Mentawai BBIP Sikakap.

(ers)
 
Top