MENTAWAI, SUMBAR -- Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, mengimbau warga Kepulauan Mentawai agar waspada sekaligus mengantisipasi penyebaran Corona, virus mematikan yang baru ditemukan Desember lalu di Wuhan, Cina.

“Untuk warga Kepulauan Mentawai, agar waspada terhadap sebaran virus corona. Bagi warga yang mengalami keluhan seperti gangguan pernapasan, demam disertai pilek, segera melapor dan konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat,” imbau Lahmuddin Siregar melalui www.sumatrazone.co.id, Jumat (31/1/2020).

Lebih lanjut, kepada warga Kepulauan Mentawai yang hendak bepergian ke luar daerah maupun ke luar negeri ia mengimbau agar mengurus perizinan secara resmi, baik pada Kementerian Kesehatan maupun pada Kementerian Luar Negeri. Ini demi kehati-hatian, karena wabah corona dapat menular dan belum ada vaksin yang dapat mencegah virus tersebut.

Ditekankan Lahmuddin, imbauan mengacu kepada Surat Edaran Direktur Pencegahan dan Pengendalihan Penyakit Menular nomor SR. 03.04/II/55/2020 tanggal 6 Januari 2020 Tentang Kesiapsiagaan dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Penyakit Pneunomia dari Negara Republik Rakyat Tiongkok ke Indonesia. 

Kendati hingga kini belum ada laporan terkait virus corona yang masuk ke Indonesia, termasuk wilayah Kepulauan Mentawai dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya, namun warga diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dini penularan virus corona.

"Waspada terhadap kemungkinan penyebaran virus corona memang penting, namun warga tidak perlu panik. Tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat, jaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup dan hindari bepergian ke daerah yang ada wabah corona,” imbaunya. 

(ede)
 
Top