PEKANBARU -- Belakangan masyarakat Provinsi Riau diresahkan dengan adanya kesalahan data pasien terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk yang sudah meninggal dunia dan dinyatakan positif Covid-19.

Menyoal itu, Kepala Diskes Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, dalam protokol penanganan pasien di rumah sakit, pasien suspect harus menjalani isolasi dan swab.

"Jika hasil swab dinyatakan negatif, maka pasien akan dipindah ke ruang perawatan biasa. Kalau positif, tetap di ruang isolasi," kata Mimi kepada awak media setempat, Jumat (16/10/2020).

Mimi juga tidak menampik adanya kesalahan data identitas ataupun usia pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif, maupun yang sudah meninggal dunia.

"Kesalahan data itu, karena petugas bekerja dari pagi sampai malam dan kebanyakan tidak pakai shif. Data yang diperoleh juga harus dikonfirmasi ulang ke rumah sakit. Jadi manusiawi, ada kesalahan data pasien itu," jelasnya.

Seperti yang diketahui terkait adanya kesalahan data pasien Covid-19 ini, bahkan kasusnya sudah sampai ke ranah hukum. Sejumlah keluarga pasien Covid-19 membuat laporan ke Polda Riau.

Sumber: riau1

 
Top