PADANG -- Tugas Pokok TNI, selain Operasi Militer Perang atau OMP ada juga OMSP (Operasi Militer Selain Perang) sesuai dengan UU TNI no 34 Tahun 2004. Dalam OMPS ada beberapa tugas yang dilaksanakan berupa bhakti kesehatan, bhakti sosial, penanggulangan bencana dan lainnya berkolaborasi dengan pemerintah daerah yang tujuan akhirnya tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rabu (28/8/2019) pagi, pukul 09.00 s/d 10.30  WIB, bertempat di halaman Sekolah Dasar 02 Desa Tapakis Ulakan Kabupaten Padang Pariaman, Komandan Pangkalan Utama TNI AL ( Lantamal) II Padang Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso membuka secara resmi Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) ke 68 Tahun 2019.

Operasi Bhakti ini merupakan rangkaian dari kegiatan Sail Nias yang akan dibuka pada 14 September mendatang. Hadir pada acara pagi tadi, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Kasdim 0308 Pariaman, Wakapolres Padang Pariaman, SKPD Kabupaten Padang Pariaman, Kepala PDGI Padang Pariaman, dari Lantamal II Padang, Wakil Komandan Lantamal, Kolonel Marinir Wurjanto. M.Han.  Asisten, Dansatrol, Kasatker, serta tokoh masyarakat cadiak pandai dan alim ulama Desa Ulakan Tapakis Kecamatan Nan Sabaris.

Beberapa macam kegiatan yang dilakukan antara lain, bhakti kesehatan berupa, donor darah, pelayanan KB, poli gigi dan umum serta khitanan. Untuk kegiatan sarpas (sarana dan prasarana) perbaikan rumah ibadah, sekolah dan pemberian bantuan sarung dan karpet untuk TPA. Penyuluhan dilakukan tentang, Hukum, Kesehatan., Bidang Penerangan, Pemutaran Film dan Rekrutmen TNI AL.

Pada pelaksanaan upacara pembukaan pagi tadi dilakukan pemberian secara simbolis alat perlengkapan dan peralatan olah raga, serta pemberian sembako, oleh Danlantamal. Danlantamal juga melihat secara langsung pelayanan yang dilakukan petugas kepada masyarakat dan Danlantamal juga menyempatkan melaksanakan donor darah di acara pagi tadi.

Beberapa pelayanan kegiatan Operasi Bhakti SBJ ini, merupakan bentuk kegiatan sosial kepedulian TNI AL terhadap masyarakat yaitu dalam rangka Pembinaan Potensi Maritim khususnya pembinaan desa pesisir.

Pembangunan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur tidak hanya tanggung jawab Pemerintah saja, akan tetapi tanggung jawab seluruh komponen bangsa, salah satu komponen utama bangsa adalah Lantamal II. Demikian potongan amanat Danlantamal pada pembukaan Operasi Bhakti SBJ ke 68 Tahun 2019.

Upacara pembukaan terdiri dari satu pleton personil Lantamal, satu pleton Personil Yonmarhanlan, satu pleton TNI AD, satu pleton Polri dan satu pleton Taruna Poltekpel Kemenhub dan satu pleton SMK Pelayaran dengan Komandan Upacara Mayor Laut (P) Junizar M.Si yang sehari hari menjabat sebagai Perwira Operasi Satuan Kapal Patroli Lantamal II.

Sumber: Dispen Lantamal II Padang
 
Top