PADANG - Demi adanya penyegaran serta munculnya ide-ide baru serta kreatif, maka dilakukan pergeseran atau mutasi dalam suatu organisasi. Kalimat ini sering didengar dalam kata sambutan pada saat serah terima jabatan dalam suatu organisasi.

Pukul 08.30 s/ d 09.00 WIB, di Lapangan Apel Markas Komando ( Mako) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang jalan Bukit Peti Peti, Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat, dilaksanakan parade serah terima jabatan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang, dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Sulaeman .M. Sc kepada Laksma TNI Dafit Santoso. 

Baca Juga: http://www.sumatrazone.co.id/2019/08/usai-pembacaan-memorandum-penjabat-baru.html?m=1

Acara sertijab dihadiri Forkopimda Provinsi Sumbar, Satuan Samping, unsur maritim, tokoh masyarakat serta beberapa kepala daerah. 

Pejabat Forkopimda yang hadir, di antaranya Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. H. Fakhrizal SH., MH, Danrem 032/WBR  Brigjen TNI Kunto Arif Wibisono, Danlanud Sutan Sjahrir Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah, SP, Walikota Pariaman Dr. Genius Umar, MSi serta Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM. 

Dari internal TNI AL, hadir Komandan Gugus Tempur Armada 1 Laksma TNI Irvansyah, Brigadir Jendral Marinir Hermanto, Asintel Koarmada 1 Kolonel Laut (P) Edi Krisna, Aspers Koarmada 1 Kolonel Laut (P) Apri Suryanta, Wakil Komandan Lantamal Kolonel Marinir Wurjanto M. Han., Asisten, Dansatrol, Kasatker, Para Pamen, Pama, serta tokoh masyarakat dan undangan lainya.

Bertindak pada acara sertijab pagi tadi, Panglima Komando Armada 1, Laksamana Muda (Laksda) TNI Yudo Margono, SE, MM. Pasukan upacara terdiri dari 1 Pleton Korsik Taruna Poltekpel, 1 Pleton Pama Lantamal, 1 Pleton Pomal Lantamal, 1 Pleton Bintara Lantamal, 1 Pleton Tamtama, Lantamal, 1 Pleton dari Yonmarhanlan. 1 TNI AD, 1 TNI AU, 1 Pleton Polri dan 1 Pleton PNS Lantamal. Bertindak selaku Komandan Upacara (Dan Up) Letkol Laut (PM) Mustahal yang sehari-hari menjabat sebagai Pabandalpers (Perwira Pembantu dan Pengendali ) di Staf Personalia Lantamal.

Prosesi sertijab diawali dengan pengambilan sumpah pejabat baru, dilanjutkan dengan penandatangani pakta integritas.

Dalam sambutannya, Irup menyampaikan, serah sertijab  yang dilaksanakan saat ini memiliki makna penting dan strategis. Hal ini merupakan perwujudan dari proses pembinaan organisasi, sehingga pergantian ini diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan pembinaan organisasi ke arah yang lebih baik. Dengan penyerahan tongkat komando ini merupakan proses yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan dan mengembangkan kemampuan manajerial serta memperluas wawasan.

Dengan situasi keamanan perairan nasional yang kondusif, hal ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dalam menunjang pembangunan nasional khususnya di bidang maritim sebagai contohnya dapat kita lihat kehadiran kapal-kapal besar yang akhir-akhir ini.

"Stabilitas keamanan laut Sumatera Barat ini bukan tugas TNI AL semata, namun merupakan tanggungjawab kita bersama," tegas Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono. SE, MM dalam amanatnya di acara Sertijab Danlantamal II Padang, pagi tadi.

Di tempat yang sama, diadakan prosesi pelepasan kepada Laksma TNI Agus Sulaeman, diawali dangan penyerahan kemudi kapal kepada Laksma TNI Dafit Santoso. Penyerahan kemudi kapal mengisyaratkan bahwa kepemimpinan Lantamal II Padang dipegang oleh Laksna TNI Dafit Santoso. 

Setelah dilakukan pelepasan, Danlantamal II Padang yang baru beserta ibu diantarkan sampai keluar penjagaan Lantamal. Selanjutnya Laksma TNI Dafit Santoso digendong oleh para "pandeka lauik sati" masuk ke markasnya pandeka.

Ini menjadi prosesi membanggakan bagi para "pandeka lauik sati", yang menggendong sang komandan baru hingga ke depan ruang lobby Mako. Setelah turun dari gendongan, Danlantamal diturunkan dan langsung menyampaikan taklimat awal kepada seluruh prajurit. 

"Saya merasa bangga dapat berada di tengah kalian. Pesan saya hanya satu, laksanakan tugas dengan ikhlas," ujar Laksma TNI Dafit Santoso. 

Sumber: Dispen Lantamal II Padang
 
Top