PERAYAAN Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) di "Bumi Sikerei" tahun ini terasa sangat berbeda dibanding perayaan dua tahun sebelumnya. Salah satunya karena upacara dan serangkaian kegiatan HUT RI ke-74 di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini dihadiri oleh tamu kehormatan, yakni Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjend TNI Kunto Arif Wibowo.

Sabtu (17/8/2019), selepas upacara peringatan HUT RI ke-74 di halaman kantor bupati, klik berita terkait: http://www.sumatrazone.co.id/2019/08/hadiri-upacara-hut-ri-di-mentawai.html?m=1  dilaksanakan acara penyerahan penghargaan untuk DPRD Mentawai Periode 2014 - 2019, bertempat di aula kantor Setdakab Mentawai. Penyerahan penghargaan ini sebagai ungkapan terima kasih bupati kepada DPRD yang telah menetapkan Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) pekan silam.

Sebagai penghormatan, penghargaan diserahkan oleh Danrem 032/Wbr kepada Ketua DPRD Josef Sarogdok dan penyerahan selanjutnya oleh Wakil Bupati Kartonius Sabeleake. 

Setelah penyerahan penghargaan, dilanjutkan dengan pemberian cenderamata kepada sebanyak 20 orang anggota DPRD Mentawai, sebagai apresiasi atas penetapan Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Penetapan Perda ini menjadi bahagian dalam menciptakan SDM unggul menuju Indonesia Maju.

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada segenap anggota dan pimpinan DPRD Mentawai atas penetapan Perda KTR di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Penetapan Perda KTR tersebut, menurut bupati, menjadi bukti nyata bahwa pemerintah dan DPRD setempat berkomitmen yang sama dalam mewujudkan SDM unggul, salah satunya peningkatan derajat kesehatan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, mengungkapkan, pihaknya sangat mensyukuri penetapan Perda KTR di Mentawai. Setidaknya perda tersebut menjadi penambah kekuatan baginya beserta jajaran untuk bekerja lebih intensif, melakukan upaya-upaya persuasif demi mewujudkan masyarakat Mentawai yang sehat dan merdeka dari asap rokok, serta meminimalisir kebiasaan merokok oleh sebagian masyarakat. 

Merokok Penyebab Kemiskinan

"Kebiasaan merokok  tidak.hanya berdampak bagi perokok dan lingkungan sekitarnya atau "perokok pasif", namun juga menjadi salah satu penyebab kemiskinan," ujar Lahmuddin yang dihubungi www.sumatrazone.co.id dari Padang, Senin (19/8/2019) pagi. klik berita terkait: http://www.sumatrazone.co.id/2019/08/dinkes-mentawai-cetak-generasi-sehat.html?m=1

Penerapan Perda KTR di Mentawai dan pada sebagian besar pemerintah daerah di Indonesia sangat relevan dengan kondisi kekinian, dimana rokok dan gula telah menjadi konsumsi terbesar masyarakat Indonesia. 
INTENS -- Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet bersama Dinas Kesehatan setempat intens melaksanakan pengecekan kondisi kesehatan fisik dan lingkungan masyarakat di wilayah kerjanya. Dalam foto, Bupati Yudas didampingi Ketua DPRD Josef Sarogdok, Danlanal Letkol Anis Munandar, Kadiskes Lahmuddin Siregar, Kadisdik A Oreste Sakeru dan Camat Sibsel Hijon ketika berkunjung ke Sarereiket beberapa waktu lalu. 

Sebagai aplikasi penerapan Perda ATR di wilayah kerja Dinkes Mentawai, Lahmuddin mengatakan bahwa berlandaskan keinginan besar menyelamatkan generasi muda dari bahaya merokok, pihaknya akan berupaya menekan angka perokok pemula, salah satu kiatnya dengan membatasi tempat merokok. 

naskah: ede
foto: dok.lahmuddin siregar



 
Top