RAPAT Paripurna Istimewa DPRD Sumatera Barat dengan agenda Pelantikan dan Pengucapan Sumpah dan Janji sebanyak 65 anggota DPRD Sumbar periode jabatan 2019-2024 berjalan lancar, Rabu (28/8/2019).

Pelantikan yang dilaksanakan di Gedung DPRD Sumbar tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim dan pengambilan sumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar H. Husni Rizal, SH dengan diikuti khidmat oleh seluruh anggota DPRD yang dilantik.

Acara pelantikan anggota DPRD Sumbar tersebut dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Forkompinda Sumbar, para Bupati dan Walikota se Sumbar, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh masyarakat, partai politik, organisasi masyarakat serta para simpatisan anggota dewan terpilih.

Gubernur Sumbar dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan anggota DPRD Sumbar, sekaligus mengajak anggota dewan yang baru untuk bersinergi dengan pemerintah daerah. Hubungan silaturahmi, komunikasi dan koordinasi bisa terus terjalin dengan baik untuk memulai bekerja, membangun daerah, melanjutkan program pembangunan.


Untuk anggota DPRD yang mengakhiri masa jabatannya, Gubernur Sumbar juga mengucapkan terima kasih, dimana masing-masingnya telah melaksanakan tugas-tugas legislasi dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab, sampai akhir masa jabatannya.

"Sebagai pemerintah kami memberikan apresiasi kepada anggota DPRD periode 2014-2019, telah banyak berbuat kepada daerah Sumbar yang membawa perubahan  kemajuan daerah ke arah yang lebih baik," ungkap Gubernur Irwan Prayitno.

"Luar biasa kerjasama yang sinergis ini, ibarat kami sebagai suami istri, saling mendukung. Tentunya pasti ada dinamika, tapi Insya Allah itu menjadi penyemangat dalam bermitra guna mencapai masyarakat yang sejahtera," ujarnya.

Selanjutnya gubernur juga mengucapkan selamat kepada anggota DPRD yang terpilih periode 2019-2024. "Selamat menjalankan amanah yang diberikan oleh rakyat di lembaga DPRD Provinsi Sumbar yang terhormat ini, mudah-mudahan hubungan sinergi ini tetap berjalan baik, karena tanpa ada kerjasama yang baik mustahil pembangunan akan berjalan dengan sendirinya," tuturnya.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar (paling kiri & kanan), ikut berbahagia sekaligus bangga "abang senior"-nya di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berhasil menjadi "pejuang aspirasi rakyat" di DPRD Provinsi Sumatera Barat. Sang senior, Desrio Putra, bahkan punya kans besar menjadi ketua definitif. 

"Semoga beliau amanah, selalu menempatkan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi atau kelompok, tampil sebagai pengawal sekaligus pendorong pemerataan pembangunan di segala bidang, serta mampu mewujudkan mimpi masyarakat Sumatera Barat akan kesejahteraan yang sesungguhnya," ujar Lahmuddin yang berkesempatan hadir di acara pelantikan 65 anggota DPRD Sumbar, Rabu (28/8/2019), sekaligus pose bareng senior HMI-nya tersebut. 
Sementara, Ketua Sementara DPRD Sumbar Desrio Putra (Gerindra) mengatakan, seluruh anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024 akan menyatukan tekad untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumbar demi kelangsungan pembangunan ke arah yang lebih baik. 

Pada kesempatan tersebut, Desrio menyampaikan aspirasi dan ucapan terima kasih kepada anggota DPRD Sumbar masa jabatan 2014-2019 yang telah memantapkan pondasi dan kerangka pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah dan sebagai representasi masyarakat di daerah.

"Tentu kerangka dan pondasi tersebut akan menjadi acuan dan pedoman bagi kita, untuk menjadi anggota DPRD Sumbar, lebih baik, lebih profesional dan lebih akuntabel dalam melaksanakan tugas, fungsi, hak dan kewenangannya," jelasnya.

"Untuk itu, pada kesempatan ini, kami mohon dukungan, kerjasama, sumbang saran dan partisipasi dari pemerintah Sumbar sebagai mitra strategis, agar pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD dapat menjadi lebih baik dan berkualitas," ucap Desrio.

Sebelum pengucapan sumpah dan janji, Sekretaris Dewan DPRD Sumbar, Raflis mengatakan, anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024 telah ditetapkan KPU Sumbar sebanyak 65 orang. Dari jumlah tersebut, empat orang diantaranya adalah perempuan, jumlah ini lebih sedikit dari komposisi anggota DPRD periode sebelumnya.


Adapun unsur pimpinan DPRD Sumbar sementara langsung diumumkan, yakni menunjuk Desrio Putra dari Partai Gerindra sebagai Ketua dan Irsyad Syafar dari PKS selaku Wakil Ketua. Hal ini sesuai usulan dari Partai masing-masing sebagai Parpol yang memperoleh Kursi terbanyak.

Adapun anggota DPRD terpilih terdiri dari partai Gerindra mendapatkan 14 kursi, PKS, Demokrat dan PAN masing-masing 10 kursi. Sementara, Golkar 8 kursi, PPP 4 kursi, Nasdem, PDI-P dan PKB masing-masing 3 kursi.

Berikut nama-nama anggota DPRD Sumbar terpilih setelah ditetapkan KPU berdasarkan daerah pemilihan (Dapil) :


Dapil Sumbar 1 adalah Desrio Putra (Gerindra), Hidayat (Gerindra), Evi Yandri Rajo Budiman (Gerindra), Albert Hendra Lukman (PDI Perjuangan), Afrizal (Golkar), Gustami Hidayat (PKS), Rahmat Saleh (PKS), Indra Dt Rajo Lelo (PAN), Maigus Nasir (PAN), Suwirpen Suib (PAN).

Dapil Sumbar 2 : Firdaus (PKB), Tri Suryadi (Gerindra), Jempol (Gerindra), Siti Izzati (Golkar), M Ridwan (PKS), M Ikhbal (PAN), M Nurnas (Demokrat).

Dapil Sumbar 3 : Ismunandi Sofyan (Gerindra), Lazuardi Erman (Golkar), Rinaldi SP (PKS), Rafdinal (PKS), Syafril Huda (PPP), Andri Warman (PAN), Ismet Amzis (Demokrat), Nofrizon (Demokrat).

Dapil Sumbar 4 : Donizar (PKB), Yunisra Syahiran (Gerindra), Khairudin Simanjuntak (Gerindra), Syamsul Bahri (PDI Perjuangan) Benny Utama (Golkar), Muhammad Ihpan (PKS), Syawal (PPP), Muzli M Nur (PAN), Sabar AS (Demokrat).

Dapil Sumbar 5 : Nurkhalis Dt Rajo Bijo Dirajo (Gerindra), Supardi (Gerindra), Syafruddin Dt Bandaro Rajo (Golkar), Irsyad Syafar (PKS), Dody Delvy (PAN), Darman Sahladi (Demokrat).


Dapil Sumbar 6 : Rico Alviano (PKB), Mesra (Gerindra), Syafruddin Putra (Gerindra), Hendra Irwan Rahim (Golkar), Leli Arni (PDI Perjuangan), Taufik Syahrial (Nasdem), Budiman Dt Malano Garang (PKS), Yosrisal (PAN), Syahrul Furqan (PAN), Jefri Masrul (Demokrat), Arkadius Dt Intan Bano (Demokrat).

Dapil Sumbar 7 : Mario Syah Johan (Gerindra), Khairunnas (Golkar), Irwan Afriadi (Nasdem), Nurfirmanwansyah (PKS), Daswippetra Dt Manjinjiang Alam (PPP), Ahmad Rius (PAN), Irzal Ilyas Dt Lawik Basa (Demokrat).

Dapil Sumbar 8 : Muchlis Yusuf Abit (Gerindra), Zarfi Deson (Golkar), Bakri Bakar (Nasdem), Hamdanus (PKS), Imral Adenansi (PPP), Muhayatul (PAN), Ali Tanjung (Demokrat).

(***)
 
Top