BANDUNG -- Latihan gabungan merupakan latihan yang dilaksanakan untuk menguji kesiapsiagaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk melaksanakan kampanye militer dalam rangka menghadapi kemungkinan kontinjensi yang diperkirakan akan terjadi.

Demikian amanat tertulis Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan oleh Irjen TNI, Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc., pada upacara pembukaan Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2019 yang diikuti 469 Prajurit TNI (AD, AL, AU), bertempat di lapangan upacara Sudirman Sesko TNI, Lembang Bandung, Jawa Barat, Senin (26/8/2019).

Panglima TNI mengatakan bahwa Latihan Gabungan TNI merupakan latihan interoperabilitas antar Angkatan yang sangat strategis dengan melibatkan seluruh Satuan dan Alutisista untuk menguji kemampuan TNI dihadapkan dengan medan yang sebenarnya. “Demikian pula dengan Doktrin, Prosedur dan Organisasi TNI,” ucapnya.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, tema Latgab TNI tahun 2019 “Komando Gabungan (Kogab) TNI melaksanakan Kampanye Militer di Mandala Operasi, dalam rangka Menegakkan Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah, Negara Kesatuan Republik Indonesia”, sudah sangat tepat.

Panglima TNI menegaskan agar seluruh satuan dan personel yang terlibat harus mampu melaksanakan seluruh materi yang dikembangkan, mulai dari tahap perencanaan dalam pelaksanaan geladi posko sampai dengan geladi lapangan.

“Tingginya tuntutan interoperabilitas, saya yakin akan banyak hal baru dan menarik yang ditemukan saat pelaksanaan di lapangan nantinya. Saya berharap seluruh temuan tersebut menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan TNI, khususnya dalam hal interoperabilitas di masa mendatang,” jelasnya.

Panglima TNI juga memberikan beberapa penekanan kepada para penyelenggara dan pelaku Latgab TNI tahun 2019, diantaranya laksanakan kegiatan latihan sesuai perencanaan yang telah dibuat dan dipaparkan; perhatikan detail pelaksanaan latihan termasuk dalam hal pengamanan personel dan Alutsista yang digunakan.

“Latihan puncak rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, maka tunjukkan kemampuan Alutsista TNI secara baik dan menarik serta laksanakan seluruh taktik, teknik, dan prosedur sesuai doktrin yang ada sehingga diperoleh umpan balik bagi penyempurnaan seluruh doktrin yang dimiliki oleh TNI,” ujarnya.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengucapkan terima kasih kepada Komandan Sesko TNI dan semua pihak yang telah menyiapkan pelaksanaan Latihan Gabungan TNI Tahun 2019.  “Untuk itu, Saya berharap pelaksanaan Latihan Gabungan TNI ini dapat berjalan lancar dan aman, serta dapat mencapai tujuan latihan yang telah direncanakan,” katanya.

Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman
 
Top