Oleh: H. Mahyeldi Ansharullah SP Datuak Marajo ~ Walikota Padang


KEHADIRAN perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk mengadvokasi, membina, memberikan wawasan, sekaligus untuk membiasakan masyarakat kepada hal-hal yang baik. Untuk pemerintah sendiri, perguruan tinggi berfungsi sebagai sumber evaluasi dan pemberi masukan, sehingga menghadirkan kebijakan-kebijakan baru. 

Begitu besarnya andil lembaga pendidikan tinggi ini untuk kemajuan pembangunan, sehingga kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Kota Padang dianjurkan untuk bersinergi dengan perguruan tinggi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.  

Dengan bersinerginya pihak perguruan tinggi dengan pemerintah, maka bertemulah orang-orang yang secara rutin dengan kegiatannya sehari-hari dengan orang-orang yang idealis, sehingga melahirkan kebijakan-kebijakan baru. Kapan kebijakan itu akan diambil, dan kapan kebijakan itu akan meningkat. Ketika dua unsur ini intens berinteraksi, maka akan melahirkan kebijakan-kebijakan baru.

Perguruan tinggi juga mempunyai peranan sangat penting untuk kemajuan pembangunan di Kota Padang. Selama ini hasil penelitian yang dilakukan, baik oleh mahasiswa maupun dosen sendiri banyak yang mengendap di perpustakaan saja, tidak dimanfaatkan hasil penelitiannya. 

Ke depan diharapkan kepada pihak perguruan tinggi, kalau ingin melakukan penelitian untuk kemajuan Kota Padang, silahkan minta kepada Pemko Padang judul penelitiannya sesuai dengan RPJM Kota Padang.

Kita sangat senang sekali apabila ada perguruan tinggi yang peduli terhadap kemajuan pengembangan pembangunan di Kota Padang. Pemko Padang akan buatkan MoU bidang penelitian dan pengembangan. 


# Materi Kuliah Umum Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah SP Datuak Marajo, di hadapan ratusan mahasiswa dan dosen Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang, Selasa (23/1/2018). Mengangkat tema "Peluang Perguruan Tinggi untuk Pengabdian Masyarakat Kota Padang, materi kuliah umum ini dipaparkan di ruang sidang Prof. Dr. Haryono Suyono kampus Unitas lantai II Jalan Taman Siswa No.9 Padang.

 
Top